Pengertian CMS Portal

1,902

Pengertian CMS Portal – CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain.

Pengertian CMS portal

CMS Portal adalah Portal konten manajemen sistem (CMS) yang memungkinkan Anda untuk membuat situs Web dan aplikasi online yang efektif. Portal konten atau manajemen sistem digunakan untuk memanipulasi isi dari sebuah situs web yang berbasis open source, sehinga memungkinkan untuk seseorang membuat tampilan webnya lebih efektif dan mudah dalam penggunaan konten-konten yang diberikan.

Web CMS Portal memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan website biasa. Beberapa kelebihan website ini sehingga disebut Web Portal yaitu program aplikasinya lebih lengkap, seperti untuk mengatur berita, polling, komentar pengunjung, pengaturan artikel, forum diskusi, buku tamu, iklan baris, dan sebagainya.

Script yang termasuk dalam CMS portal, antara lain:

  • Joomla. Joomla adalah sistem manajemen konten (CMS) sumber terbuka dan gratis untuk membuat konten web. Selama bertahun-tahun Joomla! telah memenangkan beberapa penghargaan. CMS ini dibangun di atas kerangka kerja aplikasi web model-view – controller yang dapat digunakan secara independen  yang memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi online yang kuat.
  • Drupal. Drupal adalah platform nomor 1 untuk manajemen konten web di antara perusahaan global, pemerintah, institusi pendidikan tinggi, dan LSM. Fleksibel dan sangat skalabel, Drupal membangun satu situs web atau berbagi konten dalam berbagai bahasa di banyak perangkat. Teknologi dan pemimpin bisnis mengubah manajemen konten menjadi solusi digital yang kuat dengan Drupal. Drupal didukung oleh salah satu komunitas sumber terbuka paling inovatif di dunia.
  • Tiki Wiki CMS Groupware. Tiki Wiki CMS Groupware atau disebut saja dengan Tiki, awalnya dikenal sebagai TikiWiki, adalah sistem manajemen konten berbasis Wiki sumber terbuka dan gratis yang ditulis terutama dalam PHP dan didistribusikan di bawah lisensi GNU Lesser General Public License.
  • Mambo
  • Subrion
  • Quick.CMS
  • ImpressPages
  • Pluck
  • BIGACE, dan sebagainya

Ruangan komen telah ditutup.