Pengangguran Produktif

Pengangguran, kondisi ketika lagi gak punya gaji tetap dari kerjaan formal. Begitulah kita mengartikan kata itu. Orang akan tetap dibilang pengangguran klo belum kerja secara nyata di bawah instasi, lembaga, atau perusahaan tertentu. Masyarakat kita terbiasa dengan mental karyawan, masih mengidolakan kerja jadi ‘keset’. Nah, sugesti umum kayak gini secara langsung atau pun tidak, turut mempengaruhi pola pikir kita yang lagi pengangguran. Makanya, pengangguran yang ada di sekitar kita (atau yang kayak saya) biasanya benar-benar tidak berpenghasilan.

Sebenarnya, bekerja tidak bisa dinilai dari seragam atau adanya slip gaji perbulan. Banyak juga kok, profesi non-formal yang lumayan menghasilkan, wirausaha contohnya. Semua itu tergantung dari pribadi masing-masing orang. Pengangguran yang selama ini diartikan dengan tak ada pekerjaan, tak ada kerja artinya tak ada uang. Lalu bisakah tetap menghasilkan uang dalam kondisi tersebut??

Pengangguran Produktif
Pengangguran Produktif (Ilustrasi/pixabay)

Tak ada yang abadi.. eh, tak mungkin. So, sudah pasti iya, dengan syarat jadilah “pengangguran produktif”. Yup, pengangguran mengindikasikan kalo kita punya banyak waktu luang. Manfaatkan!!! Jaman sekarang dari anak sekolahan pun sudah mulai cari duit dari cara positif sampe negatif – harapannya yang negatif gak ada – dari sekedar jual pulsa sampe jadi member MLM. Intinya carilah kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Saya merasakan sendiri bagaimana rasanya jadi pengangguran (lagi) selama beberapa bulan terakhir. Sebelum resign tentu saya sudah memikirkan solusi keuangan pasca resign, namun bila mengandalkan tabungan selama bekerja yang tidak seberapa, sampai kemana lah ceritanya. Jadi sejak resign Saya sudah mencari beberapa alternatif penghasil duit.

  • Ngajar­ – saya kira mengajar merupakan salah satu kemampuan dasar yang memang dimiliki oleh manusia. Jadi istilah ‘gak bisa ngajarin’ cuma ada di otak doang. Kita bisa memulai kegiatan mengajar dengan menerima les privat, atau bergabung dengan bimbel. Buat yang suka anak-anak bisa gabung sama TK di deket rumah.
  • Jualan – ya, jualan. Berniaga selalu jadi cara jitu buat dapet duit, walau biasanya yang dijual barang bekas yang masih OK. Dari gitar bekas, sepatu yang baru sekali pake, bahkan sampe HP. Atau mau jadi reseller?? Jualan online?? Jaman sekarang berdagang gak selalu identik dengan warung atau pasar. Bahkan untuk jualan pulsa bisa dibilang gak perlu lapak, modal HP yang siap dibawa kemana-mana dengan daya hidup lama alias gak mudah habis batre.
  • Wirausaha – wirausaha ini sebenernya beda tipis sama saran di atas, tapi menurut pandangan saya, wirausaha kegiatannya bener-bener dari mentahnya. Banyak peluang usaha yang menarik saat ini. Misalnya, terima orderan kue atau makanan bagi kawan-kawan yang hobi masak dan PD dengan rasanya. Atau gak perlu gabung ama bimbel, tapi buka bimbel sendiri manfaatin ruang tamu.
  • Jasa penitipan/pengasuhan anak – Sekarang kan sudah banyak mamah-mamah muda yang melek sama karir. Trus, si dedek gimana?? rata-rata mamah kantoran gini nitipin anak mereka ke oma-opa, atau nenek-kakeknya, keluarga, dan alternatif lainnya daycare alias tempat penitipan anak. Kalo kamu suka sama anak-anak ini, salah satu sumber buat ngisi pundi-pundi keuangan.
  • Tulis-menulis – Gini hari siapa yang belum kenal internet?? Dan siapa yang gak punya cerita?? Manfaatkan kedua hal ini buat menggemukkan dompet, terlebih buat kamu yang hobi nulis. Silahkan buat akun blog, atau bergabung dengan website yang biasa menampung tulisan, atau ‘menjualnya’. Tulis apa pun yang kamu sukai, hobi makan?? Buat referensi makan yang kami makan. Hobi jalan-jalan?? Ceritakan dalam blog pengalaman yang kamu alami.
  • Freelancer–ini nih senajata lain yang bisa dipakai buat mengatasi kekeringan tabungan kamu. Kalo kamu punya skill yang orang jarang punya, itu bakal membantu loh. Kalo kamu jago soal design baik itu interior, web design, atau bahkan menulis artikel (kayak saran diatas) banjir banget tuh tawaran freelance. Satu hal yang perlu kamu catet, freelancer juga kerja profesional, tepati deadline dan pastikan permintaan klien sudah OK.
BACA JUGA  Bekerja di Luar Bidang?? Siapa Takut

Semoga dari sekian tips Pengangguran Produktif di atas bisa jadi inspirasi buat agan yang masih wara-wiri cari kesempatan. Dan gak nutup kemungkinan dari ‘kerjaan’ waktu luang bisa jadi kerjaan full time alias profesi, bahkan jadi penopang hidup. Ooh, ya, kayaknya ada juga yang cocok buat mamah rumahan. Yoi, buat temen-temen yang full ibu rumah tangga.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- www jaman sekarang banyak orang pengangguran
Gravatar Image
Gravatar Image

Latest posts by Rizka Septia Dewi - JV (see all)

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Pengangguran Produktif Post in | Last updated: February 1st, 2017 - 69 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =