by

Penemuan Baru Eksistensi Planet 9

Setelah Pluto menyimpang dari tata surya, para astronom terus mencari planet yang akan mengisi kekosongan tersebut.

Dilansir dalam Nature World News. pencarian planet kesembilan dalam sistem tata surya masih merupakan proses yang berkelanjutan. Namun, penelitian baru lebih meningkatkan bukti Planet Sembilan.

Penemuan Baru Eksistensi Planet 9
Penemuan Baru Eksistensi Planet 9 (Ilustrasi/By Tomruen, nagualdesign; background taken from File:ESO – Milky Way.jpg (Own work) [CC BY-SA 4.0], via Wikimedia Commons)
“Jika anda ingin menempatkan angka di atasnya, saya akan berada di tempat seperti 80 persen yakin bahwa ada Planet X di luar sana,” ujar Scott Sheppard pada Space.com, penulis utama studi dan astronom di Carnegie Institution for Science.

“Saya berpikir, itu tidak 100 persen. Karena, statistik-angka itu rendah. Tapi, ada banyak hal-hal aneh yang tampaknya akan terjadi, dapat dijelaskan cukup baik dengan yang ada beberapa jenis planet besar di luar sana.” pungkasnya.

Sheppard dan Chadwick Trujillo dari Northern Arizona University menyajikan studi mereka, yang dipublikasikan di Astronomical Journal. Studi mereka, fokus pengamatan pada beberapa objek trans-Neptunus, yang terletak di dekat sistem tata surya kita. Gerakan dan lokasi objek tersebut memperkuat penelitian bahwa planet kesembilan memang ada.

“Objek yang ditemukan jauh melampaui Neptunus memegang kunci, untuk membuka asal-usul dan evolusi Tata Surya kita. Meskipun kami percaya ada ribuan benda-benda kecil, kami belum menemukan sangat banyak dari mereka, karena mereka begitu jauh. Benda-benda yang lebih kecil dapat membawa kita, ke planet yang jauh lebih besar. Kita berpikir, itu ada di luar sana. Semakin banyak kita temukan, semakin baik kita akan dapat memahami apa yang terjadi di luar Tata Surya,” jelas Sheppard.

Selain dari objek trans-Neptunus ditemukan, mereka juga mengamati selusin mayat objek langit yang tidak diketahui yaitu 2.013 FE72, 2013 FT28, dan 2014 SR349, terletak di parameter orbital.

“Kami memiliki 15 atau lebih benda-benda yang ekstrim sekarang, dan mereka semua seperti kluster di argumen sudut perihelion. Saya pikir statistik-bijaksana, di tahun depan atau dua tahun kita mungkin akan menemukan benda ekstrim untuk benar-benar mengatakan jika Planet X ada atau tidak,” pungkas Sheppard.

Sumber video: caltech

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =