by

Pencetak 3D Baru, Mengingat Bentuk Asli Mereka

Insinyur dari Universitas sains terbaik dunia, yakni Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Singapura Universitas Teknologi dan Desain (SUTD) menggunakan cahaya untuk mencetak struktur tiga dimensi, yang dapat “mengingat” bentuk asli mereka.

Dilansir dalam MIT’s NEWS, pencetak 3D baru ini sangat unik, karena dapat melompat kembali ke bentuk aslinya, dalam detik yang dipanaskan sampai suhu tertentu.

Printer 3D
Printer 3D (Ilustrasi/By Jonathan Juursema (Own work) [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)
Untuk beberapa struktur, para peneliti mampu mencetak fitur skala mikron sekecil diameter rambut manusia. Dimensi yang setidaknya sepersepuluh bahan alias bentuk memori yang dicetak.

Polimer bentuk-memori yang diduga, dapat berubah dalam menanggapi suhu, berguna untuk sejumlah aplikasi, dari aktuator lembut yang mengubah panel surya ke arah matahari, untuk kapsul obat kecil yang terbuka pada tanda-tanda awal infeksi.

“Kami akhirnya ingin menggunakan suhu tubuh sebagai pemicu. Jika kita dapat merancang polimer ini dengan benar, kita mungkin dapat membentuk perangkat pengiriman obat yang hanya akan merilis kedokteran di tanda demam.” ujar Nicholas Famg, sebagai profesor teknik mesin di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Menurut Kevin Ge Qi, sebagai asistem profesor di Singapore University of Technology and Design (SUTD), mengatakan proses 3-D bahan cetak bentuk memori, juga dapat dianggap sebagai 4-D pencetakan, sebagai struktur yang dirancang untuk mengubah lebih dari dimensi keempat yakni waktu.

“Metode kami, tidak hanya memungkinkan 4-D pencetakan pada skala mikron, tetapi juga menunjukkan resep untuk mencetak polimer bentuk memori yang dapat ditarik 10 kali lebih besar daripada yang dicetak oleh printer 3-D komersial,” ujar Kevin Ge Qi.

“Ini akan memajukan 4-D percetakan ke berbagai aplikasi praktis, termasuk perangkat biomedis, struktur aerospace deployable, dan sel surya fotovoltaik bentuk-berubah.” pungkasnya.

Ilustrasi printer 3D. (Sumber video: 16x9onglobal)

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =