by

Pemerintah Australia Potong Dana ABC, 400 Karyawan akan Diberhentikan

Pemerintah Australia Potong Dana ABC, 400 Karyawan akan Diberhentikan – Lebih dari 400 orang akan kehilangan pekerjaan mereka di ABC sebagian akibat dari pengurangan anggaran sebesar $254 juta yang ditetapkan untuk lima tahun mendatang oleh pemerintah Federal Australia.

Direktur Utama ABC Mark Scott mengumumkan angka tersebut ketika menjelaskan rencana yang akan dilakukan lembaga penyiaran terbesar di Australia tersebut, di Ultimo Center, Sydney, Senin (24/11/2014) pagi.

Untuk anggaran tahun 2015, yang akan dimulai bulan Juli tahun 2015 depan, Mark Scott mengatakan ABC akan berusaha keras merampingkan pengeluaran dari berbagai bagian, sebagian besar dari penghematan dan biaya operasional.

“Kami memperkirakan lebih dari 400 orang, sekitar 10 persen dari jumlah staf keseluruhan, akan terkena PHK di saat kami harus menyesuaikan diri dalam beberapa bulan ke depan,” kata Scott.

“Kami memandang ini penting dilakukan bagi kelangsungkan organisasi ini dalam jangka panjang, tetapi tentu saja ini kabar buruk bagi mereka yang akan kehilangan pekerjaan,” tambahnya.

Pemerintah Australia Potong Dana ABC, 400 Karyawan akan Diberhentikan 1
Direktur Utama ABC Mark Scott (ABC News) (Credit: ABC)

Dalam penjelasannya selama hampir satu jam tersebut, Scott juga mengatakan ABC akan menjual beberapa propertinya termasuk gedung di Gore Hill di Sydney.

Studio produksi televisi di Adelaide (Australia Selatan) juga akan ditutup bersamaan dengan lima kantor radio regional, sementara beberapa produksi televisi non berita di beberapa negara bagian juga akan dihentikan.

Selain itu Mark Scott juga merinci beberapa pengurangan seperti dalam liputan olahraga lokal yang selama ini banyak dilakukan oleh ABC.

Pengumuman perampingan ini muncul setelah minggu lalu Menteri Komunikasi Australia Malcolm Turnbull menjelaskan pengurangan anggaran ABC sebanyak $254 juta selama lima tahun mendatang.

Dalam rinciannya, ABC akan mengurangi pendanaan sebesar $20 juta untuk tahun anggaran 2015-2016, kemudian dikurangi lagi $61 juta di 2016-2017, $55 juta di tahun 2017-2018, dan $68 juta di tahun 2018-2019.

Keputusan ini memicu sejumlah aksi unjuk rasa yang berlangsung akhir pekan lalu di beberapa negara bagian termasuk di Federation Square di Melbourne. (Radio Australia)

Demikianlah Anda telah membaca Pemerintah Australia Potong Dana ABC, 400 Karyawan akan Diberhentikan, semoga bukan Anda yang terkena PHK.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =