by

OSUM, Komunitas Open Source Bentukan Sun

Perkembangan open source di Indonesia sangat tergantung pada dukungan masyarakat. Mahasiswa sebagai agen perubahan memegang peranan dalam perkembangan open source.

Osum (Open Source University MeetUp), komunitas bentukan Sun Microsystem Indonesia ini misalnya. Komunitas yang saat ini memiliki member lebih dari 8.500 mahasiswa ini rutin melakukan kegiatan tiap bulannya. Tidak hanya diskusi dan berbagi pengetahuan, workshop pun mereka lakukan.

Sun technology
Sun technology (Image: cucse.org)

“Osum adalah wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan berkembang bersama dengan dukungan dari Sun Microsystem Indonesi. Kami melakukan kegiatan rutin tiap bulannya,” ujar Alex Budiyanto, Community Development Officer, PT Sun Microsystem Indonesia.

Saat ini Osum ada di 130 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Bandung sendiri ada 10 kampus yang memiliki Osum. “Di Bandung ada UPI, Polban, IT Telkom, dan beberapa kampus besar lainnya,” katanya.

Bentuk dukungan Sun Microsystem Indonesia terhadap aktivitas Osum tidak hanya mensupport acara atau kegiatan yang dilakukan. Tapi juga memberikan pelatihan serta dukungan tim dari Sun Microsystem jika dibutuhkan

(Sumber: Detik)

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =