by

Nebula Tempat Bintang Dilahirkan

Nebula Tempat Bintang Dilahirkan – Benda langit mengikuti hukum alam dan memiliki siklus lahir, hidup dan mati. Bintang-bintang dilahirkan di Nebula atau Awan Galaksi raksasa di jagad raya. Citra alam semesta ini dikirim teleskop ruang angkasa Hubble.

Pendar Cahaya Bintang Baru Lahir

Nebula Tempat Bintang Dilahirkan 2
Bintik-bintik cahaya berwarna biru ini adalah bintang-bintang muda di pusat Nebula Doradus yang disebut kawasan R136. Nebula Doradus di Large Magellanic Cloud-LMC hingga kini masih terus bergolak. Spektrum warna biru menunjukan bintang muda yang baru berumur beberapa juta tahun. Banyak diantaranya adalah bintang amat masif dengan ukuran 100 kali matahari.

Nebula Elang Tempat Lahir Bintang

Nebula Tempat Bintang Dilahirkan 3
Sayap ini adalah tempat bintang-bintang dilahirkan. Nebula Elang sejarak 7000 tahun cahaya dari Bumi menunjukkan awan debu kosmik dan gas yang bercahaya akibat radiasi bayi bintang. Inilah citra terbaru yang dikrim teleskop ruang angkasa Hubble yang dioperasikan ESA dan NASA. Dari data itu para ahli astronomi kini bisa memantau perubahan di rasi bintang dalam jangka waktu panjang.

Pusat Galaksi Menyimpan Misteri
Galaksi bernama NGC 4102 adalah galaksi LINER yang memancarkan radiasi terionisasi rendah. Sekitar sepertiga galaksi di jagad raya masuk kategori ini. Di kawasan pusat galaksi terjadi proses pembentukan bintang-bintang muda. Pusat galaksi berupa cakram berdiameter 1000 tahun cahaya yang terus berotasi. Para ahli astronomi tidak tahu persis apa yang terjadi di sana.

Awan Bintang di Bimasakti

Nebula Tempat Bintang Dilahirkan 4
Awan bintang ini bernama Messier 92 merupakan bagian rasi Herkules yang ada di galaksi Bimasakti. Awan bintang ini mengandung 330.000 bintang. Sebagian besar bintangnya terdiri dari unsur kimia Helium dan Hidrogen dan nyaris tidak ada unsur kimia berat seperti logam.

Gambar Terbaik Andromeda

Nebula Tempat Bintang Dilahirkan 5
Foto galaksi Andromeda ini aslinya memiliki resolusi 1,5 Milyar Pixel dikirim dari teleskop ruang angkasa Hubble. Dari ujung yang satu ke ujung lain galaksi dalam gambar ini jaraknya sekitar 40.000 tahun cahaya. Untuk bisa melihat seluruh foto secara utuh, diperlukan gabungan 600 televisi HD berukuran besar.

Galaksi Paling Aktif Melahirkan
Nebula Cakar Kucing NGC 6334 berada di rasi Scorpio yang jaraknya 5500 tahun cahaya dari Bumi. Diameter awan gas ini sekitar 50 tahun cahaya, dan tergolong galaksi yang paling aktif melahirkan bintang baru. NGC 6334 melahirkan bintang-bintang masif yang ukurannya 10 kali matahari dan banyak yang dilahirkan hanya beberapa juta tahun silam.

Melacak Evolusi Jagad Raya
Nebula Mata Kucing memancarkan emisi X-ray dari pusatnya yang diduga dipenuhi bintang muda dan planet-planet yang baru lahir. Citra ini gabungan dari Foto yang dikirim Chandra X-ray Observatory yang melacak galaksi misterius yang tak kasat mata dan Teleskop Hubble. Emisi X-ray yang tidak diduga dari lingkungan yang eksotis dapat membantu palacakan evolusi jagad raya.

Hubble Terus Kirim Citra Alam Semesta
Teleskop ruang angkasa Hubble yang diluncurkan April 1990 hingga kini telah mengirim citra 100 juta bintang dan ribuan Cluster atau awan bintang, nebula, galaksi, planet-planet serta lubang hitam yang belum kita kenal dari kedalaman alam semesta. Dengan data itu para ahli astronomi mengharapkan bisa lebih mengerti proses kelahiran jagad raya setelah Dentuman Besar dan skenario akhir alam semesta. (Deutsche Welle)

Demikianlah Nebula Tempat Bintang Dilahirkan, semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- tempat menunjukan bintang dan benda langit

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =