by

Mobile GRPS-Cepat dan Tepat

Oleh: Jemmy Liwang, International Radio DXer.

Menurut teori komunikasi, para pendengar radio dikategorikan sebagai communicant/receiver/audience atau obyek yang menerima pesan. Lantas apalah artinya sebuah radio; bahkan yang terhebat atau ternama sekalipun jika tidak ada yang mendengarkan! Apakah communicator/sender yang dalam hal ini adalah para penyiar hanya bercuap-cuap kosong dengan atmosfer atau ruang hampa udara. Wah, tidak lucu kan!

Setelah seluruh proses komunikasi massa tersebut berjalan, lalu bagaimana media massa, khususnya radio dapat mengukur keberhasilannya? Makanya seluruh radio internasional membutuhkan feedback atau umpan balik dari pendengarnya. Beberapa radio telah melakukannya dengan baik. Deutsche Welle dan Radio Taiwan Internasional merupakan contoh dari beberapa radio lainnya yang sering mengadakan Audience Research untuk meng-up date data base pendengarnya.

Nah, yang akan saya perbicangkan di sini adalah bentuk feedback yang cepat dan tepat; murah dan meriah!!! Silahkan Anda membandingkan antara jasa konvensional dan jasa internet, entah dari segi biaya, waktu dan lain sebagainya.

Pengetahuan dan pemahaman semua orang tidak sama. Oleh sebab itu saya coba berempati untuk memberikan penyamaan persepsi kepada kita semua.

URGENSI E-MAIL/SURAT ELEKTRONIK DAN MAILING LIST

Mobile GPRS
Mobile GPRS

Untuk rekan-rekanita di kota-kota besar tentunya istilah-istilah di atas sudah sangat tidak asing lagi. Karena berbagai fasilitas pendukungnya telah memadahi. Lantas bagaimana dengan rekan-rekanita yang tidak berada pada daerah dengan berbagai fasilitas penunjang tersebut; seperti warung internet (warnet) misalnya?! Terkadang surat nyasar bahkan sampai berlumut entah di mana rimbanya.

SIAPA:

Siapa di sini merujuk kepada jasa provider atau penyedia jasa e-mail Anda.

Anda dapat memilih dengan penuh kemerdekaan berbagai provider baik yang bayar ataupun yang gratisan.

Beberapa provider yang lumayan terkenal dan besar adalah:

www.yahoo.com

www.msn.com

www.gmail.com

dan masih banyak lagi yang lainnya.

APA:

General Packet Radio Service atau biasa dikenal dengan nama GPRS merupakan layanan yang sudah umum untuk para pemakai mobile atau cellular phone di Indonesia. Sebenarnya masih ada jasa lainnya seperti MMS bahkan 3G. Namun GPRS merupakan layanan sederhana dan sudah lumayan untuk keperluan berinternet.

KAPAN:

Kapanpun Anda menginginkannya. Semua itu tergantung jasa operator seluler Anda.

DI MANA:

Di manapun Anda berada. Namun ingat jalur GSM berbeda dengan GPRS. Walaupun sinyal seluler Anda penuh belum menjamin komunikasi GPRS dapat terlaksana.

MENGAPA:

Anda tentu tidak mau surat, laporan penerimaan siaran, berita, informasi atau apapun juga dikategorikan sebagai delayed feedback atau tertunda kan?! Makanya gunakan jasa pengiriman yang cepat, tepat dan murah.

BAGAIMANA:

1. Anda harus memiliki telepon seluler yang memiliki fasilitas GPRS. Tidak perlu mahal. Nokia 3230 sudah cukup lumayan untuk berinternetan.

2. Anda harus memilih jasa operator seluler yang cepat dan murah, serta jarang gangguan.

3. Setting Ponsel:

Settingan Otomatis melalui Over the Air Activation (OTA)

INDOSAT

MENTARI dan IM3

Ketik: GPRSMerk HPTipe HP

Kirim SMS ke: 3000

Contoh: GPRS NOKIA 3230

TELKOMSEL

SimPATI dan As :

Ketik: SMerek PonselTipe Ponsel

Kirim SMS ke: 5432

Contoh: S NOKIA 3230

4. Aktivasi GPRS:

INDOSAT

MENTARI dan IM3

Ketik: GPRSMerk HPTipe HP

Kirim SMS ke: 3000

Contoh: GPRS NOKIA 3230

TELKOMSEL

SimPATI dan As :

Ketik: GPRS

Kirim SMS ke: 6616

YAHOO MESSENGER (YM), MSN MESSENGER, GTALK

Selain itu, rekan-rekanita dapat juga on line dan berkomunikasi selama 24 jam.

Silahkan daftar dan aktifkan fasilitas tersebut di atas agar dapat berkomunikasi via chatting dengan rekan-rekanita lainnya.

(Editor: Sengaja artikel ini tidak diedit untuk mengundang komentar dari teman-teman sekalian. Artikel ini dikirim ke email redaksi dan mendapat persetujuan untuk dipublikasikan)

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =

2 comments

  1. Iya penjelasannya cukup bagus, terutama bagi adik2 yang belum memahaminya.Sayang kalau tulisan seperti ini tidak dibaca lantaran pengunjung belum banyak atau pengunjung tidak menemukan tulisan ini disebabkan melihat blog hanya sepintas dihalaman muka saja,misalnya.