by

Minyak Goreng Tak Layak Pakai: Cara Mengenalinya dan Bahayanya bagi Kesehatan

Jajanan gorengan merupakan favorit semua orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Misalnya singkong keju, siomay goreng, tahu petis, cireng, dan lain-lain. Namun sering sekali kita temui penjual gorengan yang menggunakan minyak tak layak pakai. Minyak goreng tak layak pakai dapat kita kenali dari warnanya. Warna minyak goreng tak layak pakai cenderung gelap dan keruh. Sedangkan minyak goreng yang baik ialah yang masih baru dan berwarna kuning.

Pemakaian minyak goreng sebaiknya dibatasi hingga 2-3 kali penggorengan. Jika setelah 3 kali penggorengan minyak sudah kelihatan gelap dan kotor sebaiknya tidak dipakai. Tetapi jika minyak masih terlihat kuning, maka masih bisa dipakai. Bila ada sisa makanan pada minyak sebaiknya disaring terlebih dahulu.

Bahaya minyak jelantah
Bahaya minyak jelantah (Ilustrasi/pixabay)

Setiap kali digoreng, mutu minyak akan semakin menurun. Kandungan vitamin dan zat gizi lainnya akan semakin berkurang, hingga akan tersisa asam lemak jenuh saja. Asam lemak jenuh ini merupakan zat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Bahkan menurut penelitian, minyak jelantah dapat menyebabkan kanker.

Berikut ini kami berikan tips pembelian dan pemakaian minyak goreng yang aman:

  1. Minyak goreng juga memiliki masa kedaluwarsa. Jangan beli minyak goreng terlalu banyak jika jarang dipakai.
  2. Simpan minyak dalam wadah tertutup dan tidak terkena panas. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya oksidasi pada minyak. Minyak yang sudah teroksidasi merupakan minyak yang sudah tercemar sehingga dapat menimbulkan penyakit.
  3. Gunakan minyak seperlunya saja. Jangan menuang minyak terlalu banyak, agar tidak banyak minyak yang terbuang. Apalagi jika hanya akan dipakai sekali penggorengan.
  4. Jika ingin menggoreng secara berurutan, perhatikan urutan bahan yang akan digoreng. Misalnya, menggoreng tahu dan telur. Sebaiknya dahulukan tahu karena setelah menggoreng telur, minyak akan menggumpal dan sebaiknya tidak digunakan lagi.
  5. Minyak jelantah warnanya kuning kemerah-merahan, sedangkan minyak yang baik berwarna kuning.
  6. Minyak curah yang berasal dari minyak jelantah lebih cair daripada minyak aslinya.
  7. Sebelum membeli, sebaiknya Anda kocok-kocok dulu minyaknya. Bila menimbulkan buih-buih putih dapat dipastikan minyak itu asli, bukan jelantah.
  8. Minyak yang baik tidak berbau apapun, sedangkan minyak jelantah berbau kurang segar.

Dampak Penggunaan Minyak Goreng Tak Layak Pakai

Penggunaan minyak goreng tak layak pakai dapat menimbulkan efek jangka panjang seperti berikut:

  1. Radang tenggorokan
  2. Penyakit hati atau liver
  3. Kanker
  4. Jantung koroner
  5. Stroke
  6. Kolesterol tinggi.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- minyak goreng menggumpal - bahaya minyak goreng curah - Minyak goreng ada putih menggumpal - minyak goreng agak menggumpal - Penyakit minyak goreng menggumpal

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − four =