Merayakan Keragaman di Pesta Blogger+ 2010


Pesta Blogger yang lahir pada 27 Oktober 2007, kembali hadir pada tahun ini. Ajang temu nasional blogger rencananya akan digelar pada 30 Oktober mendatang. Memasuki tahun keempat, istilah Pesta Blogger kini berkembang menjadi Pesta Blogger+ (baca: Pesta Blogger plus). Diawali sebanyak 500 blogger pada tahun 2007, dan meningkat sebesar 300 persen pertumbuhan para blogger nasional menjadi 1500 blogger di tahun 2009. Dan niscaya, pada tahun ini akan dapat dipastikan pertumbuhan blogger nasional semakin berkembang pesat, terdorong dengan pesatnya pengguna jejaring sosial, media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 40 juta pengguna di tahun 2010. Selain itu jumlah pengguna blog di Indonesia sudah mencapai hampir 2 juta orang. Pengguna jejaring sosial seperti Facebook hingga Juli 2010 tercatat lebih dari 25 juta orang, dan jumlah pengguna media sosial seperti Twitter dari Indonesia saat ini berada di urutan keenam dunia yaitu sekitar 2,41% dari jumlah total pengguna Twitter dunia. Lima negara terbesar pengguna Twitter adalah Amerika Serikat, Inggris, Brazil, Kanada, dan Australia.

Irayani Queencyputri selaku Ketua Panitia Pesta Blogger+ 2010 mengatakan,”Pada Pesta Blogger di tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, Pesta Blogger tidak hanya dihadiri oleh para blogger nasional, namun akan dihadiri pula oleh para pengguna media sosial yang tergabung dalam berbagai komunitas. Itulah mengapa perubahan istilah di tahun ini menjadi Pesta Blogger+.” Irayani juga menargetkan bahwa Pesta Blogger+ 2010 akan dihadiri oleh lebih dari 1500 pengunjung dari berbagai kota di Indonesia.

Beberapa tema telah diangkat pada acara Pesta Blogger. Tahun 2007 mengambil tema “The New Voice of Indonesia”, di tahun 2008 mengusung tema “Blogging for Society” dan di tahun 2009 mengambil tema “One Spirit One Nation.” Pesta Blogger+ 2010 kali ini mengambil tema “Merayakan Keragaman.” Tema ini diangkat karena hendak merayakan keragaman dari berbagai platform media sosial yang ada, dan juga ketertarikan dari masing-masing penggiat dunia online dan komunitas online yang semakin beragam (18/8).

Beberapa rangkaian acara akan digelar di berbagai kota di seluruh Indonesia menjelang Pesta Blogger+ 2010, sebut saja XLNetRally yang digelar bersama PT XL Axiata, yaitu sebuah perjalanan darat yang melibatkan 120 blogger dari Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya menuju Semarang pada 6-7 Agustus lalu. Rangkaian acara berikutnya yaitu Blogging Workshop (BLOGSHOP) ke 10 kota di Indonesia bersama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. Acara Blogshop akan berada di kota Makassar, Padang, Manado, Pontianak, Banjarmasin, Aceh, Medan, Surabaya, Madura, dan Yogyakarta.

Ted Osius selaku Deputi Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia mengatakan,”Media sosial dan blog adalah suatu cara untuk menyuarakan pendapat dan mendorong proses demokrasi. Indonesia adalah satu di antara negara dengan kebebasan berpendapat terbaik di Asia Tenggara, dan acara ini adalah suatu bentuk pernyataan hal tersebut.”

Selain Facebook, Twitter dan blog, terdapat pula berbagai komunitas dari platform media sosial lainnya seperti Flickr, Foursquare, DevianArt, Kaskus, Koprol, dan masih banyak lagi. Tingginya jumlah pengguna dan banyaknya komunitas aktif yang tersebar di berbagai platform ini menunjukkan jangkauan dan pengaruh media sosial yang sangat besar di Indonesia.

sumber

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.