by

Menjadi Pendengar yang Baik

Are you a good listener? Apakah Anda seorang pendengar yang baik? Tidak banyak yang bisa menjadi pendengar yang baik. Buktinya, ada saja terjadi salah paham dalam percakapan; debat kusir yang tidak memberi manfaat karena kedua belah pihak hanya tahu cara membalas; serta banyaknya kesalahan teknis akibat kelalaian manusia, ‘human error’.

Membutuhkan kesabaran untuk mendengarkan apa yang disampaikan kepada kita dengan baik, dalam artian mampu menerima informasi, memilih dan memilah, meresapi maksud si sumber informasi sebelum membuat sebuah prasangka atau ‘judgment’, sebuah kesimpulan terhadap sesuatu. Kemampuan mendengarkan menjadi salah satu sarana untuk sukses dalam hidup. Rata-rata perusahaan ternama pasti menginginkan kemampuan mendengarkan yang baik dari para top managernya. Mampu mendengarkan dengan baik juga menunjukkan bahwa kita tidak ‘selfish’ atau mementingkan diri sendiri, bahkan membuat banyak orang yang suka bersama kita.

Menjadi seorang pendengar yang baik
Menjadi seorang pendengar yang baik (Ilustrasi/pexels)

Mendengarkan bukan sekedar mendengar informasi yang disampaikan; masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri. Mendengarkan dengan seksama memberikan kesempatan otak kita untuk mengumpulkan dan mencerna informasi yang diterima, sehingga akan memberikan masukan yang tepat saat kita membuat keputusan kemudian. Selain itu, kita juga memberikan dukungan kepada si pemberi informasi dalam menyampaikan sesuatu dengan lebih baik dan detil, sehingga tercipta suasana timbal balik yang membangun dan memperkaya kedua belah pihak serta pihak lain yang ikut terlibat.

Bagaimana menjadi pendengar yang baik bisa memberikan keuntungan dalam kehidupan Anda?

Berbagai lini kehidupan, kita butuh mendengarkan agar dapat melakukan kegiatan-kegiatan secara teknis dengan benar. Kita harus mendengarkan pelajaran atau kuliah agar nilai kita baik; kita harus memperhatikan instruksi agar bisa menjalankan tugas dengan baik dan menghindarkan berbagai kesalahan teknis berbagai operasi sistem atau program. Bayangkan jika Anda salah mendengarkan instruksi? Salah-salah justru anda akan terancam menderita berbagai kerugian.

Dalam kehidupan bersosial, apa arti sebuah komunikasi jika pembicaraan hanya didominasi oleh satu pihak? Yah, orang lebih senang membicarakan dirinya sendiri, seolah ia merupakan kebenaran itu sendiri; namun banyak yang gagal untuk bisa mendengarkan dan memberikan tanggapan yang baik. Yang terjadi justru bagaimana cara membalas perkataan orang lain. Budaya membalas perkataan orang lain, hanya membutakan mata hati karena cenderung impulsif dan emosional. Rasa toleransi menjadi hilang yang berujung kepada perpecahan.

Memberikan respon yang baik ialah memberi empati, mencoba menempatkan diri kita di posisi lawan bicara kita dan merasakan situasi mereka. Kita jadi bisa melihat informasi tidak semata apa yang tersurat namun juga yang tersirat. Coba perhatikan saat anda berbicara dengan orang lain, apakah anda sudah menjadi pendengar yang baik?

Kata Larry King, seorang presenter dan jurnalis ternama dunia, jika dialihbahasakan bunyinya begini, ‘Saya mengingatkan diri saya setiap pagi bahwa tidak satupun yang saya katakan hari ini akan mengajarkan sesuatu kepada saya. Jadi, jika saya ingin belajar, saya akan mendengarkan’.

Sudah menjadi kebutuhan manusia untuk senantiasa mengembangkan dirinya, memperluas pengetahuan dan wawasannya. Pasti akan membosankan tanpa adanya tantangan di dalam hidup kita. Tantangan yang membuat kita menemukan jati diri dan karakter kita yang sebenarnya. Hanya dengan belajar dari mendengarkan, kita memperluas khasanah diri dan memperkaya nilai hidup kita. Tentunya kita tidak ingin seperti katak dalam tempurung kan?

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- bagaimana cara jadi pendengar yang baik ketika ada siaran - cara memberikan tanggapan yang baik language:id - manfaat menjadi seorang good listener?

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =