by

Mengenang Rachel Louise Carson

Rachel Louise Carson
Rachel Louise Carson

MEDIA MONITORING CLUB – Rachel Louise Carson (27 Mei 1907 – 14 April 1964) adalah biolog kelautan dan penulis alam Amerika Serikat yang tulisannya sering berhubungan dengan peluncuran pergerakan lingkungan global.

Carson memulai kariernya sebagai biolog di U.S. Bureau of Fisheries, dan menjadi penulis tahun 1950-an. Ia menulis buku dengan penjualan terbaik tahun 1951, The Sea Around Us. Karya selanjutnya, The Edge of the Sea, dan penerbitan kembali buku pertamanya, Under the Sea-Wind, juga menjadi penjualan terbaik.

Pada akhir tahun 1950-an, Carson mengubah perhatiannya pada konservasi dan masalah lingkungan yang disebabkan oleh pestisida, dan lalu ia menulis Silent Spring (1962).

Meskipun buku Silent Spring mendapat banyak pertentangan dari perusahaan kimia, namun cukup berpengaruh terhadap perbaikan aturan pemerintah mengenai pestisida. Isi buku tersebut mendorong dilakukannya blokir kepada jenis pestisida tertentu yang dianggap berbahaya.

Hal tersebut menginspirasi sebuah pergerakan grassroot peduli lingkungan hidup yang berujung pada dibentuknya Lembaga Perlindungan Lingkungan Hidup Amerika. Carson kemudian dianugerahi medali kepresidenan of Freedom oleh Jimmy Carter.

Penyakit kanker yang diderita Carson bertambah buruk ketika dokter memvonis dia menderita anemia akut karena radiasi treatmen yang dilakoninya. Di bulan Maret 1964 mereka menemukan bahwa kanker telah sampai pada liver-nya. Beliau meninggal karena sakit jantung pada 14 April di tahun yang sama, bertempat di rumahnya di Silver Spring, Maryland.

Google Buat Doodle untuk Kenang Rachel Louise Carson

Mengenang Rachel Louise Carson 1

Google mendedikasikan sebuah doodle untuk Rachel Louise Carson. Buku Silent Spring karya Carson disebut sebagai karya yang memajukan gerakan penyelamatan lingkungan.

Google merayakan kehidupan, prestasi, dan kontribusi Carson pada biologi laut dan ekologi dengan sebuah doodle yang menampilkan Carson sebuah bibocular menggantung di lehernya dan membawa sebuah buku tulis, berdiri di sebuah pantai dan dikelilingi berbagai spesies burung dan hewan air. (Metro TV)

Google doodle itu dibuat untuk memperingati ulang tahun Carson yang ke-107.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- doodle Pestisida - the silent spring karya dari

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 15 =