by

Mengenal Website ERP

ERPSebuah perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang produksi pasti akan membutuhkan dan melibatkan berbagai macam manajemen sumber daya di dalamnya, seperti manajemen sumber daya manusia atau dalam hal ini karyawan dan pekerja, manajemen sumber daya modal atau capital, dan sebagainya. Kenyataan menunjukkan bahwa sebuah proses dalam perusahaan seringkali mengalami kesimpangsiuran karena adanya ketidakpastian kondisi sumber daya perusahaan. Informasi terbaru perusahaan sering kali sulit diketahui dan dilacak termasuk perubahan kondisi karyawan, perubahan kondisi modal baik yang bertambah maupun yang berkurang. Faktor komunikasi yang kurang lancar pun menjadi pendukung ketidakpastian tadi. Situasi seperti ini sudah pasti akan mengganggu produktivitas perusahaan, efektivitas tidak akan tercapai dengan baik. Segala sesuatu akan berjalan dengan tidak efisien dan tidak tepat waktu.
Walaupun demikian, manajemen sumber daya yang ada pada sebuah perusahaan dapat diidentifikasi dan diakses dengan cepat dengan menggunakan sebuah ERP (enterprise resources planning).

Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP dari istilah bahasa Inggrisnya, enterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomatisasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi pada sebuah perusahaan. ERP merupakan perkembangan dari Manufacturing Resource Planning (MRP) yang secara moledular dapat menangani proses manufaktur, logistic, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice dan akuntansi perusahaan. Sehingga sistem ini dapat mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualiatas dan sumber daya manusia. ERP juga sering disebut dengan Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan public secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − ten =