by

Mengenal Vermikulit Pengganti Tanah dan Kerikil

Vermikulit merupakan salah satu media tanam hidroponik. Vermikulit dapat dijadikan sebagai pengganti tanah selain spons dan kerikil. Media tanam yang sering dijumpai ialah media tanam berupa tanah. Vermikulit merupakan media tanam yang dapat menurunkan berat jenis air. Vermikulit merupakan alternatif media tanam yang sangat baik untuk pembibitan dan pertumbuhan tanaman, karena vermikulit terbuat dari mineral yang dihasilkan dari pemanasan kepingan-kepingan mika, serta terkandung potasium dan Halium. Vermikulit memiliki sifat media tanam yang memiliki kapasitas tukar kation yang tinggi, terutama dalam keadaan padat dan pada saat basah.

Vermikulit merupakan media tanam yang dapat digunakan untuk :

  • Meningkatkan volume, karena vermikulit memiliki bobot lebih berat sehingga mampu menopang tanaman lebih kuat selama proses pertumbuhannya.
  • Sebagai alat drainase dan aerasi dari media perakaran.

Kelebihan media tanam Vermikulit:

  • Vermikulit dapat menurunkan berat jenis air.
  • Dapat meningkatkan daya serap air.
  • Dapat meningkatkan absorpsi air, sehingga bisa dengan mudah diserap oleh akar tanaman jika digunakan sebagai campuran media tanam. Contohnya vermikulit dicampur dengan perlite.
  • Vermikulit tahan terhadap proses pengompakan selama proses stek atau semai.
  • Dengan media tanam vermikulit dapat meminimalkan tempat media tanam dan mampu menghasilkan hasil yang maksimal.
  • Kelembapannya lebih baik.
  • Dapat menahan lebih banyak kalium, kalsium, dan magnesium pada tumbuhan.

Kekurangan Media tanam Vermikulit:

  • Hanya untuk tanaman yang volume pertumbuhannya tidak terlalu besar. Tanaman yang ditanam di dalam rumah dan biasanya tumbuh dalam pola bercabang dengan batang utama yang penuh daun.

Vermikulit hampir sama dengan perlite, tetapi vermikulit lebih banyak digunakan karena memiliki bobot yang lebih berat daripada perlite. Perlite juga sangat baik sebagai media tanam, karena dapat digunakan sebagai alat drainase dan aerasi pada media perakaran. Untuk menghasilkan pembibitan dan pertumbuhan yang baik, media tanam vermikulit dapat dicampur dengan perlite dan media tanam lain dengan perbandingan seperti pada gambar berikut ini:

Rekomendasi Perbandingan Campuran Perlite, Vermicullite, dan Tanah
Rekomendasi Perbandingan Campuran Perlite, Vermicullite, dan Tanah (Sumber gambar: Ayo Berkebun)

Vermikulit hanyalah salah satu media tanam hidroponik yang alternatif untuk mengantikan tanah. Vermikulit sangat berguna untuk daerah yang kekurangan tempat bercocok tanam, karena vermikulit dapat dilakukan di daerah yang relatif sedikit memakan tempat dan menghasilkan tanaman yang baik pula.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- vermikulit - https://monitoringclub org/mengenal-vermikulit-pengganti-tanah-dan-kerikil/ - media vermikula - kelemahan varmakulit - kelemahan permikulit yaitu - kelebihan dan kekurangan vermikulit - kelebihan dan kekurangan vermiculite - kelebihan dan kekurangan media tanam vermiculite - Vernikulit - kekurangan vermikulit

Tentang Penulis: Miaditya Putri - JV

Miaditya Putri - JV
Tim Blogger Media Monitoring Club Kuningan Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + eight =