by

Mengenal Penghargaan Kalpataru

Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Kalpataru sendiri adalah bahasa Sanskerta yang berarti pohon kehidupan (Kalpavriksha).

Perbedaan Kalpataru, Adipura, dan Adiwiyata

Penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup di Indonesia terdiri atas kalpataru, adipura, dan adiwiyata. Ketiga jenis penghargaan tersebut diberikan setiap tahun sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup di Indonesia. Meskipun sama-sama diberikan sebagai apresiasi terhadap kepedulian pada lingkungan hidup, antara kalpataru, adipura, dan adiwiyata memiliki perbedaan.

Kalpataru
Kalpataru adalah penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada individu atau kelompok yang berjasa dalam usaha pelestarian lingkungan hidup. Penerima penghargaan kalpataru dikelompokkan dalam empat kategori yaitu perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, penyelamat lingkungan, dan pembina lingkungan.

Adipura
Adipura merupakan penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Adiwiyata
Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah (SD, SMP, dan SMA) yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Kalpataru
Kalpataru

JK Sayangkan Hatta Tak Mengerti Beda Kalpataru dan Adipura

Calon wakil presiden Jusuf Kalla menyesalkan ketidakmengertian cawapres Hatta Rajasa dalam membedakan penghargaan di bidang lingkungan. Padahal, Hatta lama duduk di kabinet sebagai menteri.
“Yang saya sayangkan, Pak Hatta lama di pemerintahan tidak bisa membedakan antara Kalpataru dan Adipura. Bukan blunder, tapi enggak ngerti. Tanya tapi enggak ngerti,” ujar pria yang kerap disapa JK tersbut seusai mengikuti debat capres-cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7/2014).

JK mengatakan, Kalpataru diberikan kepada tokoh yang berjasa melestarikan lingkungan. Adapun penghargaan bagi kota yang dinilai bersih dan berhasil melestarikan lingkungan adalah Adipura.

Sebelumnya, dalam debat terakhir capres-cawapres, JK meluruskan pertanyaan Hatta mengenai penghargaan Kalpataru. Hatta menganggap Kalpataru sebagai penghargaan untuk kota yang dianggap berhasil dalam bidang lingkungan hidup. (Kompas.com)

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- mengenal penghargaan kalpataru - pertanyaan tentang penghargaan kalpataru - salah satu penghargaan untuk penyelamat lingkungan adalah - perbedaan apa penghargaan kalpataru adipura dan adiwiyata - penghargaan yg diberikan kepada sekolah yg berhasil melestarikan lingkungan hidup adalah - apa yang kamu ketahui mengenai penghargaan kalpataru - media indonesiaberitalingkunganhidup - kalpataru merupakan bidang - kalpataru di dikelompokkan 4 kategori yaitu - jenis penghargaan kalpataru

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 9 =