Maya Angelou, Penyair dan Penulis Amerika Meninggal di Usia 86 Tahun

0 39

MEDIA MONITORING CLUB – Maya Angelou (lahir 4 April 1928 – meninggal 28 Mei 2014 pada umur 86 tahun) adalah seorang penulis puisi dan skenario, orator, dan aktris Afrika-Amerika. Dia adalah wanita Afrika-Amerika pertama yang diminta untuk membacakan puisi karyanya dalam inagurasi presiden Amerika Serikat tahun 1993. Puisi yang dia bacakan di pengangkatan Bill Clinton berjudul “On the pulse of Morning” dan karya tersebut juga mendapat Penghargaan Grammy (Grammy Awards) pada tahun yang sama.

Maya Angelou terlahir dengan nama Marguerite Annie Johnson pada 4 April 1928 di Saint Louis, Missouri, dari pasangan Bailey Johnson and Vivian Baxter Johnson. Saat kedua orang tuanya bercerai, Maya beserta seorang kakak laki-lakinya dititipkan pada nenek mereka selama beberapa tahun.

Dia telah menulis beberapa buku dengan penjualan terbaik dan sebagian di antaranya berisi kejadian-kejadian yang pernah dialaminya sendiri. Selain itu, dia adalah wanita kulit hitam pertama yang menulis skenario dan diproduksi menjadi film, yaitu Georgia, Georgia (1971). (Wikipedia)

Maya Angelou, Wafat di Usia 86 Tahun

Penulis tenar berdarah Afrika-Amerika ini memberikan komentar yang mengesankan tentang ras, kelamin, dan ide tentang menjalani hidup sepenuhnya. Ia telah menulis lebih dari 30 buku, salah satunya “I Know Why the Caged Bird Sings”. Itu merupakan autobiografi Karya Angelou yang paling terkenal yang diterbitkan pada tahun 1969.

Dan meski tidak pernah belajar di perguruan tinggi, dia telah mengumpulkan lebih dari 30 gelar kehormatan.

Maya Angelou, Penyair dan Penulis Amerika Meninggal di Usia 86 Tahun
Maya Angelou. PHOTO: DWIGHT CARTER / RANDOM HOUSE

Ia memenangkan banyak penghargaan dan menerima penghormatan dari Penghargaan Buku Nasional atas jasa-jasanya untuk komunitas literatur, seperti yang dilaporkan oleh Reuters. Pada tahun 2011, ia menerima Presidential Medal of Freedom, penghargaan tertinggi untuk warga sipil. Ia juga pernah membacakan puisi untuk Presiden Bill Clinton di acara pelantikan pertamanya sebagai presiden.

Angelou dijadwalkan menerima penghargaan pada hari Jum’at di acara Major League Baseball’s Beacon Awards Luncheon di Houston, sebelum pertandingan tahunan Civil Rights, tapi Angelou menolak hadir dengan alasan kesehatan.

Anak Angelou, Guy B. Johnson, menulis di Facebook bahwa Angelou meninggal di rumahnya dengan tenang sebelum jam 8 pagi EST.

Namun keluarga Angelou tidak menyampaikan penyebab kematian aktivis dan penulis yang terkenal dengan prosa liriknya itu.

Kabar meninggalnya Maya dipastikan kantor walikota kota tempat tinggalnya di Winston-Salem, North Carolina.

Penulis Harry Potter, JK Rowling, memuji Maya dengan menulis: “Jika anda selalu berusaha terlihat biasa-biasa saja, anda tidak akan pernah tahu betapa menakjubkannya anda. Maya Angelou – anda benar-benar menakjubkan.”

Dalam tulisan terakhir di akun Twitternya pada 23 Mei 2014, Angelou mengatakan, “Dengarkan dirimu sendiri dan dalam ketenangan itu mungkin kau akan mendengar suara Tuhan.”

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.