by

Manfaat Wudhu’

Wudhu adalah kegiatan menyucikan diri dengan membasahi anggota tubuh mulai dari kepala, muka, telinga, tangan, sampai kaki. Wudhu lebih baik dilakukan dengan air dingin karena dapat mendatangkan lebih banyak manfaat dibanding memakai air hangat. Manfaat wudhu yaitu:

  1. Menstimulasi dan menyehatkan kulit.
  2. Melebarkan pembuluh darah di kulit dan menghangatkan tubuh.
  3. Melancarkan aliran darah.
  4. Memperlancar pengeluaran racun dari dalam tubuh.
  5. Menormalkan tekanan darah dan detak jantung. Fakta ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Syauqy yang ahli di bidang penyakit dalam dan penyakit jantung di London.
  6. Menormalkan fungsi ginjal dan paru-paru.
  7. Meningkatkan kerja usus.
  8. Menurunkan risiko terkena tumor payu**ra.
  9. Menghilangkan stres karena dehidrasi.
  10. Menghilangkan kuman dan debu yang menempel di kulit sehingga dapat mencerahkan kulit wajah.
  11. Menurunkan kemungkinan terjadi infeksi kulit.
  12. Meningkatkan kekebalan tubuh.
  13. Mendekatkan diri kepada Allah SWT. karena Allah SWT. menyayangi dan menyukai manusia yang senantiasa menjaga kebersihan.
  14. Menstimulus dan membangunkan syaraf pusat.

Sebelum tidur, kita juga disunahkan untuk melakukan wudhu. Melakukan wudhu sebelum tidur dapat mendatangkan beberapa manfaat, antara lain:

  1. Dido’akan oleh malaikat. Rasulullah Saw. bersabda, “barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap ‘ya Allah ampunilah hamba-Mu ini, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.’” (HR. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a)
  2. Ketika mati dalam keadaan tidur, maka akan dianggap mati syahid. Dari Umar bin Harits, Rasulullah Saw. bersabda, “barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati dalam keadaan tidur maka matinya dalam keadaan syahid di sisi Allah.”
  3. Merilekskan otot-otot tubuh yang kaku dan keras setelah seharian bekerja keras.
  4. Merupakan sunah Rasulullah. Sahabat Nabi yakni al Bara’ bin Azib r.a pernah menyampaikan bahwa Rasulullah SAW. bersabda kepadanya, “apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu ketika melakukan shalat.” (HR Bukhari dan Muslim)
  5. Menyembuhkan insomnia.

Manfaat Wudhu’

Demikianlah Manfaat Wudhu’, semoga bermanfaat.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + fourteen =