by

Mahasiswa Asing yang Mengukir Prestasi di Melbourne 2014

Mahasiswa Asing yang Mengukir Prestasi di Melbourne 2014 – Inilah Penerima penghargaan Pelajar Internasional Terbaik se-Negara Bagian Victoria tahun 2014 berbagi cerita mengenai bagaimana hidup dan belajar di Australia.

Yuanbin Wei, mahasiswi dari China

Mahasiswa Asing yang Mengukir Prestasi di Melbourne 2014 1
Yuanbin Wei, mahasiswi berusia 26 tahun dari Fuzhou,China, menerima penghargaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Internasional Victoria 2014 atas pencapaian akademik dan kontribusinya pada masyarakat.

Yuanbin datang ke Melbourne pada tahun 2008 untuk mempelajari bidang studi Kesejahteraan Masyarakat dan Konseling, dan saat ini tercatat sebagai mahasiswa S-2 Pendidikan di kampus Gippsland, Universitas Monash.

Selagi menjadi mahasiswa dia terlibat banyak pekerjaan relawan, mulai dari membantu mahasiswa yang kesulitan dengan kuliah mereka sampai menyediakan konseling bagi remaja yang kurang beruntung.

“Saya berasal dari keluarga orang tua tunggal dan ketika kecil kehidupan kami sangat sulit,” tutur Yuanbin, ” sehingga saya selalu ingin melakukan sesuatu untuk menolong orang lain yang juga menghadapi situasi sulit,”

“Saya juga senang menjadi guru karena ibu saya tidak bisa menghabiskan waktu banyak dengan saya ketika saya tumbuh dewasa. Guru sayalah yang merawat saya dan saya bisa menjadi orang seperti sekarang ini karena merkea. Karenanya Saya ingin melakukan hal yang sama bagi anak-anak,”

Diantara kegiatan amal yang dilakukannya, Yuanbin mengatakan ada satu yang memberikan pengalaman paling berharga bagi dirinya.

“Saya mendistribusikan makanan di jalanan untuk tuna wisma. dan kegiatan itu dilakukan ditengah musim dingin yang membekukan dan seorang remaja mendatangi saya meminta roti lapis. Remaja pria itu mengenakan kaos robek dan celana pendek, tanpa sepatu , tanpa kaus kaki, dan saya tidak bisa melupakan kejadian itu,”

“Saya tahu dunia tidak selalu adil dan sayangnya sejumlah orang terdampak dengan kondisi itu. Dan terkadang itu bukan karena kesalahan mereka sehingga tercampak pada kehidupan yang kurang beruntung seperti itu. Dan hal itu sangat sulit bagi orang muda dan anak-anak, karena mereka hanya memiliki sedikit kemampuan untuk merubah hal-hal disekitar mereka,”

Harriyadi Irawan, mahasiswa dari Indonesia

Mahasiswa Asing yang Mengukir Prestasi di Melbourne 2014 2
Mahasiswa asal Indonesia Harriyadi Irawan meraih gelar Mahasiswa Internasional Tahun Ini untuk dua kategori sekaligus. Setelah meraih gelar sebagai Mahasiswa Internasional Tahun Ini untuk Pelatihan dan Pendidikan Kejuruan, Mahasiswa berusia 30 tahun ini juga menerima penghargaan utama sebagai Mahasiswa Internasional Terbaik tahun 2014.

“Penghargaan ini akan mengubah hidup saya, itu pasti!,” katanya.

Harriyadi datang ke Melbourne pada tahun 2012 setelah mendapatkan beasiswa Endeavour dari Pemerintah Australia, setelah menyelesaikan kuliahnya di AS dan bekerja selama beberapa tahun di Industri pelayanan (hospitality) di Indonesia.

Harri baru saja menyelesaikan Advance Diploma (Diploma Lanjutan) Jasa Pelayanan (Hospitality) di Sekolah Kejuruan William Angliss di Melbourne dan berhasil menerima hadiah uang senilai $20,000 (sekitar Rp.200 juta) untuk meraih gelar Sarjana Pariwisata dan Pelayanan.

Ia dikenal sebagai relawan yang aktif di Pusat Informasi Collingwood dan Layanan Sosial Jesuit. Harriyadi juga merupakan Duta Besar Kota Melbourne yang sangat bersemangat. Ia mengatakan posisinya itu memungkinkan dirinya dapat membantuk mahasiswa lain berteman dan memiliki pengalaman positif di Kota Melbourne dengan mengadakan event seperti malam nonton film bersama, acara barbekyu, pertandingan sepak bola persahabatan antar kelompok danAquarium Melbourne.

Mengetahui ada sekitar 140 ribu mahasiswa Internasional yang bersaing meraih gelar Mahasiswa Internasional terbaik se- Negara Bagian Victoria diakui Harriyadi tidak mudah, namun dirinya sangat percaya diri.

“Saya tidak terlalu memikirkan apa yang sudah dilakukan oleh mahasiswa lain yang menjadi finalis dalam penghargaan ini, saya hanya berkonsentrasi pada pencapaian saya,” katanya. (Radio Australia)

Demikianlah Mahasiswa Asing yang Mengukir Prestasi di Melbourne 2014, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 1 =