by

Kuis Musim Semi Radio Jepang NHK World 2010.

5/5 (1)

PERTANYAAN.
Dengan cara apakah rumput yomogi dimakan? Pilh apakah
A. Ditanak dengan nasi hingga nasinya berwarna hijau.
B. Dijadikan bahan selada.
C. Dijadikan bahan atau pewangi untuk mochi.

Jawaban anda harus diterima di meja redaksi Radio Jepang Seksi Bahasa Indonesia selambat-lambatnya 30 April 2010.

Sumber: Radio Jepang NHK World, Berdasarkan hasil pemantauan.

Materi pendukung:

Yomogi
Yomogi – KENPEI [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons

“Yomogi” merupakan tanaman herbal Jepang, yang disebut “Japanese Mugwort” dalam bahasa Inggris, atau “Artemesia princeps” dalam dunia tumbuhan. Ini merupakan tanaman yang sangat kuat yang tumbuh seperti rumput liar di seluruh Jepang. Tanaman ini merupakan anggota Asteroideae – subfamili yang sama yang mengandung tarragon, sagebrush, dan kayu aps. Tanaman ini memiliki rasa yang unik dan luar biasa.

Artemisia princeps, juga disebut ssuk, wormwood Korea, mugwort Korea, dan mugwort Jepang merupakan spesies tanaman Asia dalam keluarga bunga matahari. Tanaman ini tumbuh hingga 1,2 meter. Spesies ini menyebar dengan cepat melalui bawah tanah dan dapat menjadi invasif. Daunnya berbentuk bulu, bergigi dan berwarna hijau muda, dengan bulu halus berwarna putih di bagian bawah.

Daun dan bibit mudanya bisa dimakan mentah atau dimasak. Ia juga dapat digunakan dalam salad dan sup setelah dihilangkan rasa pahitnya.

Di Jepang disebut yomogi dan daunnya terkadang direbus dan ditambahkan ke sup atau nasi. Daunnya, bersama dengan hahakogusa, merupakan bahan dasar dalam kusa mochi (“kue rumput”), yang memberikan aroma segar, seperti musim semi dan pewarna hijau cerah.

Daun mudanya dapat direbus sedikit sebelum ditumbuk dan ditambahkan ke dalam pangsit beras ketan yang dikenal sebagai mochi yang memberikan warna, aroma dan rasa yang menyenangkan.

Mugwort Jepang digunakan untuk membuat teh yang disebut yomogi-cha (“teh mugwort.”) Dikatakan memiliki efek detoksifikasi dan membantu kehamilan yang sehat. Sering disajikan saat menyajikan mie hittumi

Ada dua jenis mochi yang dapat dibuat dengan yomogi (keduanya dianggap sebagai makanan favorit musim semi di Jepang – tepat di saat yomogi mulai tumbuh di segala tempat). Yang paling populer ialah Yomogi Daifuku: mochi rasa mugwort hijau dengan isian pasta kacang merah manis, di atasnya ditaburi taburan kinako (tepung kacang kedelai kuning).

Yomogi Daifuku

Kusamochi digunakan dalam berbagai macam makanan penutup Jepang. Ini paling umum digunakan untuk Yomogi Daifuku – kusamochi diisi dengan isian manis seperti anko.

Aichi

Resep musim semi untuk mendapatkan keberuntungan

Yomogi Mochi (kue beras mugwort)

Yomogi Mochi disajikan untuk merayakan Onzosan pada tanggal 15 April dalam kalender Masehi. Orang-orang memetik tunas yomogi (mugwort) dan ogo (daun rumput liar), mencampurkannya dalam mochi (kue beras), dan memakannya dengan harapan kesehatan dan keberuntungan. Mochi juga dapat disajikan untuk hinasekku, festival gadis.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575