by

Kluster Galaksi Baru, Berjarak 11,1 Miliar Tahun Cahaya

Para astronom menemukan sebuah kluster galaksi yang sangat jauh, yaitu sekitar 11,1 miliar tahun cahaya dari Bumi. Itu bernama kluster galaksi CL J1001 + 0220 (CL J1001 ). Mereka menemukannya, menggunakan kombinasi pengamatan dari NASA’s Chandra X-ray Observatory dan teleskop ruang lainnya.

Dilansir dalam Science World Report, penyidik utama dari Energi alternatif dan Komisi Energi Atom ( CEA ), Tap Wang menyatakan bahwa gugus galaksi ini menyembur seperti yang pernah kami lihat. Kluster memiliki 11 galaksi dan sembilan dari mereka, tampaknya akan mengalami badai kelahiran bintang baru, saat dilaporkan ke Space.com.

Galaxy Cluster CL J1001+0220
Galaxy Cluster CL J1001+0220.
Credits: X-ray: NASA/CXC/CEA/T. Wang et al; Infrared: ESO/UltraVISTA; Radio: ESO/NAOJ/NRAO/ALMA
Read full caption

Deskripsi penemuan itu, dipublikasikan pada Selasa di Astrophysical Journal. Penemuan gugusan galaksi berarti, bahwa kluster galaksi yang paling awal dibentuk sekitar 700 juta tahun lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Tampaknya, bahwa kluster galaksi yang baru lahir, berada dalam tahap paling awal evolusi.

“Tampaknya, kita telah menangkap gugus galaksi ini pada tahap kritis. Hal Itu sepertinya telah bergeser dari sebuah kumpulan galaksi muda, tetapi .sepenuhnya terbentuk dalam gugus galaksi,” ujar David Elbaz, penulis dalam penelitian.

Sementara itu, Alexis Finoguenov dari University of Helsinki di Finlandia dan penulis penelitian lainnya mengatakan, bahwa mereka berpikir mereka akan belajar banyak tentang pembentukan kluster dan galaksi dengan mempelajari objek ini. Dia lebih lanjut mengatakan bahwa mereka akan mencari keras untuk contoh lainnya.

Kluster galaksi C merupakan struktur yang terdiri dari ratusan sampai ribuan galaksi yang terikat bersama gravitasi. Mereka merupakan yang terbesar yang diketahui struktur gravitasi terikat di Alam Semesta. Salah satu fitur utamanya ialah intracluster menengah (ICM), yang terdiri dari gas panas antara galaksi. Di antara kluster galaksi dibedakan di alam semesta terdekat ialah Hercules Cluster, Virgo Cluster, Fornax Cluster dan Coma Cluster. Cluster galaksi terkenal di alam semesta awal dan di kejauhan ialah SPT-CL J2106-5844 dan SPT-CL J0546-5345.

Namun, para astronom menyatakan bahwa penelitian akan terus berlanjut untuk menemukan hal-hal baru di Alam Semesta.

Sumber Video: Wall Street Journal

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- galaxy hantu

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =