by

Kiat Jitu Menjadi Juara Lomba Penulisan

Inilah beberapa kiat jitu menjadi juara lomba penulisan:

  1. Mematuhi semua persyaratan teknis dan administratif yang ditetapkan oleh panitia. Tentu sangat konyol bila Anda mengirim naskah 11 halaman, padahal panitia menetapkan naskah maksimal 10 halaman. Naskah Anda gugur hanya gara-gara kelebihan halaman. Padahal bisa saja naskah Anda sangat bagus dan berpotensi menjadi juara pertama!

    Kiat-juara-lomba-penulisan
    Kiat juara lomba penulisan (Ilustrasi/Pixabay)
  2. Memahami poin-poin penilaian.
    Secara Umum poin-poin penilaian seperti berikut.
    A. Poin Penilaian yang Bersifat Umum (maksudnya yang berlaku untuk lomba penulisan apapun)
    * Kualitas naskah (dari segi kaidah-kaidah penulisan yang berlaku secara umum).
    * Keunikan atau orisinalitas ide tulisan.
    * Kreativitas (biasanya menyangkut gaya penulisan).
    * Kesesuaian naskah dengan tema lomba.
    * Kesesuaian naskah dengan tujuan yang hendak dicapai oleh panitia lomba tersebut. Misalnya, tujuan panitia adalah untuk kampanye pelestarian hutan.B. Poin Penilaian yang Bersifat KhususUntuk naskah fiksi (cerpen atau novel), poin penilaiannya biasanya mencakup karakter tokoh, setting cerita, alur cerita, konflik cerita, ending, dan sebagainya.
    Untuk naskah nonfiksi (esai, resensi, opini, karangan ilmiah, dan sebagainya), poin penilaian biasanya mencakup kekuatan analisis data, sistematika tulisan, dan sebagainya.
    (Berita baiknya, ada panitia lomba yang sejak awal sudah menginformasikan poin-poin penilaian ini, tapi ada juga yang tidak).Setiap naskah akan diberi nilai secara kuantitatif berdasarkan poin-poin penilaian tersebut.
    Misalkan untuk sebuah lomba penulisan cerpen, panitia menetapkan poin-poin penilaian sebagai berikut:
    A. Kualitas naskah
    B. Orisinalitas ide tulisan
    C. Gaya bahasa
    D. Karakter tokoh
    E. Setting cerita
    F. Alur cerita
    G. Konflik cerita
    H. Ending ceritaBerikut adalah CONTOH penilaian dari seorang juri untuk sebuah naskah:
    A. Kualitas naskah = 75
    B. Orisinalitas ide tulisan = 60
    C. Gaya bahasa = 95
    D. Karakter tokoh = 40
    E. Setting cerita = 80
    F. Alur cerita = 85
    G. Konflik cerita = 80
    H. Ending cerita = 35

    Maka total nilai untuk naskah ini adalah 550.Tapi perlu diingat, ini baru total nilai dari SATU ORANG juri. Total nilai sebenarnya adalah GRAND TOTAL dari nilai akhir dari masing-masing juri. Misalkan jumlah juri adalah 3 (tiga). Juri II memberikan total nilai 750 dan juri III memberikan total nilai 600. Maka, NILAI AKHIR dari naskah ini adalah 1.900.

  3. Setiap kali mengikuti lomba penulisan, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari SIAPA penyelenggaranya. Ini penting, sebab setiap panitia lomba adalah manusia biasa yang punya misi/visi, ideologi, karakter yang khas. Dengan demikian, Anda diharapkan lebih mudah untuk membuat tulisan yang sesuai dengan ideologi, misi/visi dan karakter mereka. Ini akan memperbesar peluang Anda untuk memenangkan lomba.

sumber

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − five =