by

Kesalahanmu karena dirimu

Assalamu alaikum wr. wb

          … Pernah ga sih kalian marah? Pernah ga kalian dapet masalah yang begitu berat? Masalah sama teman misalnya, orang tua, atau masalah pribadi? Pasti pernah kan. Semua orang pasti pernah punya masalah, dari yang sepele hingga menyangkut hal besar. Coba deh perhatikan masalah-masalah yang pernah kalian alami, yang pernah kalian lalui, siapa dalang masalah itu? Apa penyebabnya? Dan kenapa bisa terjadi?

Hanya beberapa orang yang berpikir untuk cermin diri, tapi kebanyakan orang hanya bisa menyalahkan orang lain, bahkan sebagian orang menyalahkan Tuhan. Setiap masalah dalam hidup kita sudah diatur oleh Allah SWT, Allah lah pengatur alam semesta dan Alah yang mengizinkan masalah itu datang. Allah menghadirkan masalah-masalah pada umat manusia agar manusia sadar atas kesalahan yang dilakukan, bukan dengan menyalahkan orang lain. Setiap masalah yang datang mengajarkan kita untuk sabar, tegar, kuat dalam menyelesaikan sesuatu. Selalu ada hikmah di balik sebuah permasalahan, hanya saja mayoritas orang hanya memikirkan tentang amarahnya, kekesalannya atas kesalahan orang lain. Padahal dirinyalah yang menjadi biang masalah baginya, dirinyalah sebagai penyebab masalah itu datang.

Cara menghadapi masalah hidup
Cara menghadapi masalah hidup (Ilustrasi/pixabay)

Di sini Tips-tips untuk mengatasi masalah , cekidouutt :

  1. Jika kalian sedang marah pada seseorang berusahalah untuk tenang, cobalah untuk sedikit menjauh dalam beberapa jam atau hari, hanya untuk menenangkan dirimu, juga memberi waktu untukmu berpikir akan apa yang terjadi.
  2. Cobalah pikirkan dengan kepala dingin tentang apa yang terjadi, sebelum menyalahkan orang lain, cobalah untuk bercermin melihat siapa dirimu? Ingatlah kebaikan-kebaikan orang tersebut terhadapmu, semua orang pernah melakukan kesalahan, tapi apa kamu melupakan kebaikannya begitu saja?
  3. Ketika hatimu mulai tenang, cobalah untuk meminta maaf terlebih dahulu padanya. Jika ia memang berbuat salah, maka beri tahukan apa yang membuatmu kesal padanya, bicarakanlah dengan sikap rendah hati.
  4. Diskusikan apa yang terjadi di antara kalian, jangan pernah mengambil keputusan di saat kamu sedang marah, JANGAN PERNAH!!!. Keputusan yang kau ambil saat marah, merupakan keputusan yang akan menyakiti satu sama lainnya, dan hal itu tidak akan memperbaiki masalah, karena dengan begitu, berarti kamu telah lari dari masalah.
  5. Hadapilah masalah dengan hati yang tenang, ikhlas karena Allah SWT, cobalah untuk berpikir, bahwa semua masalah datang dari Allah, Allah yang mengizinkan masalah itu datang untuk membuatmu sadar atas apa kesalahan yang kamu lakukan.
  6. Jangan pernah menyalahkan orang lain, apalagi menyalahkan Tuhan, karena semuanya terjadi karena kesalahan dirimu sendiri.
  7. Ambil setiap hikmah dari masalah yang kamu hadapi, jadikan setiap masalah itu untuk perbaiki diri. Jadikan setiap masalah sebagai cerminan diri, agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

Inilah Tips yang telah penulis sampaikan. Ingat ya sobat, selalu syukuri apa yang terjadi pada hidup kita, karena semua terjadi atas izin Allah SWT, Allah selalu punya tujuan indah untuk kita semua. Sekian dulu ya readers semoga tips ini bisa berguna untuk kawan-kawan semua.

Wassalamu alaikum wr. wb

 

Tentang Penulis: Miaditya Putri - JV

Miaditya Putri - JV
Tim Blogger Media Monitoring Club Kuningan Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =