Kenapa Zebra Cross Berwarna Hitam-Putih?

Banyak benda yang sering kita gunakan setiap harinya, namun seringkali kita tidak tahu darimana mereka berasal dan mengapa mereka diciptakan dengan fisik seperti itu. Contohnya zebra cross. Sebagian besar orang mengira bahwa warna hitam-putih pada zebra cross didasarkan pada ciri–ciri hewan zebra yang memiliki warna rambut hitam-putih. Namun, ternyata di samping  warnanya yang mirip hewan zebra, warna hitam-putih zebra cross memiliki makna lain.

Zebra cross pertama kali diperkenalkan pada 31 Oktober 1951 di Slough, Berkshire, Inggris. Jalur hitam-putih ini diperuntukkan untuk para pejalan kaki sebagai jalur yang aman untuk digunakan menyebrang jalan.

Sejarah zebra cross
Sejarah zebra cross (Ilustrasi/Pixabay)

Zaman dahulu, jalur penyebrangan hanya ditandai dengan tiang besi. Tanda ini mudah saja dilihat dari pandangan si penyebrang jalan, namun sulit dilihat dari sudut pandang pengemudi. Para pengemudi seringkali terlambat untuk berhenti.

Kemudian, tanda jalur penyebrangan jalan diubah menjadi garis selang–seling berwarna biru dan kuning. Namun kenyataannya, warna ini dinilai sulit terlihat dari jarak jauh. Sehingga, pada tahun 1940 dilakukan eksperimen tanda jalan yang berbeda–beda di ribuan lokasi di Inggris. Dari semua tes yang telah dilakukan, diputuskan satu pola yang dianggap paling efektif dan tentu saja pola tersebut ialah pola garis hitam-putih.

Pola hitam-putih ini dapat terlihat dari jarak yang cukup jauh, sehingga memberi waktu yang cukup bagi pengemudi untuk memberhentikan kendaraannya. Penyebrang jalan pun dapat terlihat dengan jelas ketika berjalan di atas jalur zebra cross.

Lalu, siapa yang menciptakan nama zebra cross? Dia adalah Jim Callaghan, yang merupakan anggota parlemen di tahun 1940 dan kemudian menjadi pendeta. Rupanya dia sering mengunjungi tempat percobaan zebra cross dan mengamati bahwa zebra cross tersebut terlihat seperti makhluk yang bergaris-garis yaitu zebra.

Sebenarnya bukan hanya zebra makhluk yang terlihat mirip dengan jalur penyeberangan zebra cross. Kenyataannya banyak hewan lain yang terlihat mirip, antara lain pelican crossing, puffin crossing, toucan crossing, pegasus crossing.

Ada beberapa syarat terkait pemasangan jalur zebra cross pada jalan raya. Pertama ialah jalur zebra cross harus dipasang pada jalan yang arus lalu lintas, kecepatan lalu lintas, dan arus pejalan kaki yang relatif rendah. Kedua lokasi pemasangan zebra cross harus memiliki jarak pandang yang cukup jauh agar pengemudi kendaraan masih memiliki waktu tunda untuk memberhentikan kendaraannya. Dan juga agar pengguna fasilitas penyeberangan aman ketika menggunakannya.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- arti warna hitam putih pada penyebrangan jalan - ciri cirinya zebra cros - mengapa warna zebra croos hitam putih - zebra cross berwarna

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Kenapa Zebra Cross Berwarna Hitam-Putih? Post in | Last updated: September 3rd, 2016 - 29 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =