by

Kemenangan Marquez di MotoGP Italia 2014

MEDIA MONITORING CLUB – Balapan seri ke-6 MotoGP 2014, di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (1/6/2014), menghadirkan pertarungan menegangkan antara Marc Marquez dari Repsol Honda dan Jorge Lorenzo dari Movistar Yamaha, untuk berebut podium puncak. Keduanya saling menyusul hingga putaran terakhir, yang akhirnya dimenangkan Marquez dengan selisih jarak 0,123 detik dari Lorenzo.

Pebalap Honda Marc Marquez menjuarai balap motor MotoGP Italia sehingga menjadikannya kemenangan enam kali berturut-turut sejak awal musim.

Namun kali ini kemenangan pebalap asal Spanyol tersebut tidak mudah karena terjadi aksi saling menyusul dengan pebalap Yamaha Jorge Lorenzo, terutama pada tujuh putaran terakhir.

Aksi saling menyusul tersebut bahkan diselingi peristiwa nyaris serempetan sehingga jalannya pertandingan sangat menegangkan.

Kunci Duel Marquez dan Lorenzo di MotoGP Italia 2014

Cukup seru dan tidak membosankan seperti lima seri sebelumnya yang selalu didominasi Marquez dengan jarak cukup jauh meninggalkan posisi ke-2 dan seterusnya di belakang. Yang menjadi pertanyaan, apa yang dilakukan Yamaha sehingga membuat Lorenzo kembali kompetitif? Dan apa pula yang membuat Marquez akhirnya tetap menang?

Kedua pertanyaan itu dijawab kedua pebalap dalam konferensi pers usai balapan. Lorenzo mengaku sangat gembira, karena tim berhasil menutup keluhannya terutama dari sisi pengereman dan kecepatan melibas tikungan. Sebagian besar aksi overtake Lorenzo terhadap Marquez diperoleh dari late braking (menunda pengereman untuk menyusul) di tikungan.

”Kini kami merasa kuat di pengereman, area yang selalu saya keluhkan. 60 persen lebih baik daripada tahun lalu. Saya harus mengucapkan selamat untuk tim mekanik Yamaha yang bekerja keras. Ini memang sulit, dan saat ini kami menemukan sesuatu untuk tetap menjaga motivasi,” ujar Lorenzo.

Kemenangan Marquez di MotoGP Italia 2014
Kemenangan Marquez di MotoGP Italia 2014

Selama ini, keunggulan Yamaha dibandingkan Honda di MotoGP adalah cepatnya keluar dari tikungan (cornering speed). Jika ditambah dengan performa pengereman yang bagus jelang tikungan, area menikung akan dikuasai Yamaha di seri-seri selanjutnya. (Kompas)

Demikianlah informasi seputar Kemenangan Marquez di MotoGP Italia 2014.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 6 =