by

Kemampuan Berkomunikasi

Jelang-jelang pemilihan pimpinan daerah sekarang ini, berbagai bentuk komunikasi politik dilancarkan para calon-calon pejabat daerah untuk mendapatkan perhatian dan dukungan dari masyarakat. Ada yang turun ke pasar, ada yang tetap bekerja dan ada pula yang membangun persekutuan. Semua kegiatan-kegiatan tersebut merupakan cara mereka menyampaikan pesan politik mereka. Pelajari 11 Cara Menjadi Pemimpin yang Bijaksana.

Bentuk komunikasi tidak semata berbicara satu sama lain, komunikasi juga dapat ditunjukkan dengan suatu kegiatan. Maka itu, sebagai masyarakat, kita harus pandai-pandai menerjemahkan bentuk-bentuk komunikasi yang dilakukan sehingga bisa mengerti maksud yang ingin disampaikan lewat pesan-pesan tersebut. Kita juga dapat belajar menilai kemampuan komunikasi seseorang, dari bagaimana ia berbicara dan berbagi ide atau pikiran. Sederhana sebenarnya, jika kita membandingkan saat kita berbicara dengan satu orang dan yang lain; di antara mereka ada yang orangnya asyik dan membuat kita menikmati pembicaraan dengannya tentang berbagai hal, namun, ada juga yang berbicara saja kita merasa enggan. Komunikasi mungkin sebagai bakat namun sebenarnya juga bisa dipelajari.

Menurut penelitian sebuah lembaga training ternama di Amerika, komunikasi lebih dari sekadar saling berbicara dan mendengarkan. Komunikasi juga merupakan transfer informasi dari satu orang ke orang yang lain. Karena ada proses berbagi informasi, maka kekayaan atau menarik tidaknya informasi yang didapatkan sama pentingnya dengan cara penyampaian informasi tersebut. Dalam arti lain, kita akan lebih suka berbicara dengan orang yang wawasannya luas sehingga memperkaya khasanah pengetahuan kita serta disampaikan dengan cara-cara yang menyenangkan.

Jika komunikasi diperlambat, ada beberapa proses yang terjadi sejak sebuah pesan disampaikan oleh sumber informasi hingga kembali lagi kepada si sumber dalam bentuk umpan balik. Dalam setiap tahap dalam proses berkomunikasi tersebut mungkin saja ada penghalang atau hambatan yang membuat proses komunikasi menjadi tidak efektif. Dalam artian, saat kita menyampaikan sesuatu pada orang lain, jika umpan balik yang kita terima tidak sesuai dengan harapan atau justru malah orang tersebut menjadi tidak paham, maka kita tidak berkomunikasi dengan baik. Sayangnya, banyak sekali hambatan-hambatan dalam berkomunikasi. Sekedar untuk Anda ketahui, beberapa hal berikut perlu dipertimbangkan dalam berkomunikasi.

  1. Filter visual

Otak kita akan memilah setiap informasi yang sampai kepadanya dan membentuk sebuah konstruksi opini berdasarkan persepsi atau penerimaan visual tentang bagaimana situasi saat kita menerima atau berbagi informasi.

Penyampaian sebuah informasi dipengaruhi dengan bagaimana situasi saat proses komunikasi tersebut berlangsung. Sebagai contoh saat kita berada dalam sebuah rapat, maka situasi dalam rapat tersebut atau gerak-gerik dari si pemateri atau yang memberikan presentasi, atau presentasinya sendiri akan berpengaruh apakah yang dipresentasikan tersebut sampai pada kita dengan maksud yang diinginkan. Maka itu perhelatan-perhelatan penting sangat memperhatikan pengaturan-pengaturan untuk membuat proses penyampaian informasi dapat berjalan efektif.

  1. Bahasa

Bahasa menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat berkomunikasi. Tidak saja harus mengikuti bahasa setempat, namun intonasi juga mempengaruhi dalam menyampaikan sesuatu. Penekanan pada pilihan kata pada sebuah informasi yang disampaikan akan memberikan makna yang berbeda.

Saat membaca sebuah surat dari seorang teman, Anda akan merasakan ‘tone’ atau nada dari surat tersebut, apakah bernada marah, senang, atau lainnya. Tidak jarang karena kendala kebiasaan berbahasa, dapat terjadi komunikasi yang salah arah atau ‘miscommunication

  1. Perspective’ atau sudut pandang

Latar belakang, pengalaman, prasangka, perasaan dan lingkungan kita akan memberi pengaruh dalam proses komunikasi kita. Hal ini yang disebut dengan ‘perspective’ atau sudut pandang. Setiap orang akan memiliki sudut pandang yang berbeda bergantung kepada hal-hal yang ia alami di dalam kehidupannya. Jangan heran jika setiap orang akan punya pendapatnya masing-masing menanggapi suatu informasi yang mereka terima. Ada yang ‘pro’; ada yang kontra; atau ada juga yang tidak peduli. Menjadi sangat menarik saat kita menyampaikan pendapat tentang suatu hal dan berbagai macam tanggapan kita bisa terima.

Kemampuan berkomunikasi merupakan kekuatan bagi seseorang, untuk mendapatkan pengaruh hingga kekuasaaan. Maka itu, banyak pelatihan-pelatihan yang diadakan untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi. Pendakwah-pendakwah ternama pasti melatih cara-cara berkomunikasi dalam mengembangkan pengikutnya.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- penjelasan wiki - mengapa teknologi penting dalam kehidupan - pemilihan kata saat berkomunikasi dipertimbangkan - komunikasi yang baik dan benar - cara komunikasi yg baik dengan pejabat politik - cara berkomunikasi dengan pejabat - cara berkomunikasi baik dengan pejabat - cara berkimunikasi politik dengan benar - Cara Berkemunikasi Dengan Ayam Hingga Membuat Kita Rapat - cara bekomunikasi yang baik dan benar teraktual

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 5 =