by

Jupiter-Venus Berdekatan Malam Ini, Bagaimana Cara Memandangnya?

Skywatchers alias para pemandang langit, mendapatkan langit yang menakjubkan akhir pekan ini. Dua dari planet-planet terang yang terlihat dari Bumi akan tampak hampir bergabung. Siapapun dengan langit cerah, bisa menangkap pertemuan dekat spektakuler ini, yakni Venus dan Jupiter setelah matahari terbenam pada Sabtu, 27 Agustus 2016 ini.

Dilansir dari National Geographic, ketika dua atau lebih dunia tampak meringkuk bersama-sama di langit, astronom menyebutnya sebagai konjungsi. Sementara, ini terjadi cukup sering di langit malam dengan benda-benda yang samar, dalam hal ini kita memiliki planet terlihat dengan mata telan***g. Venus dan Jupiter mendominasi langit ketika matahari terbenam pada minggu sekarang, dan telah muncul untuk perlahan-lahan menyatu dari malam ke malam.

Konjungsi planet jupiter dan venus
Konjungsi planet jupiter dan venus (By Manolis Thravalos (Own work) [CC BY-SA 4.0], via Wikimedia Commons)

Itu akibat posisi relatif mereka dalam orbitnya mengelilingi matahari, dan penampilan mereka kepada kita di Bumi .

Sementara, mereka mungkin terlihat dekat bersama-sama. Kedekatan jelas mereka merupakan ilusi. Dalam kenyataannya optik, Venus berjarak 660 juta km (410 juta mil) dari Jupiter.

Jenis event angkasa, telah menarik perhatian sepanjang sejarah. Bahkan, planet Venus & Jupiter disebut sebagai Planet Betlehem oleh para Astronom kuno dulu.

Apa yang harus kita cari?

Apa yang begitu besar tentang acara ini untuk Skywatcher’s pemula, ialah kedua planet dapat dilacak tanpa alat bantu optik. Tapi jika anda memiliki teropong atau teleskop kecil, anda dapat mulai menemukan duo dalam sorotan senja.

Kedua planet akan muncul sangat rendah di langit barat, sedikit di sebelah kiri, di mana anda akan melihat matahari terbenam.

Venus akan muncul sekitar 20 sampai 30 menit setelah matahari terbenam. Kembar bumi akan bertindak sebagai tonggak nyaman untuk menemukan redup Jupiter, hanya ke kanan yang lebih rendah pada Sabtu malam ini. Jika anda memiliki langit yang kabur, maka teropong akan membantu tempat kedua target.

Pada tanggal 27 Agustus, dua dunia akan tampak paling dekat bersama-sama hanya 0,1 derajat. Karena begitu dekat, anda dapat menutupi kedua planet dengan mudah hanya dengan jari kelingking anda. Membutuhkan teropong, untuk memisahkan mereka. Jika tidak, planet-planet akan terlihat bergabung menjadi satu. Untuk referensi, bulan purnama lebar di langit akan terlihat sekitar 0,5 derajat.

Apa yang akan teropong dan teleskop tunjukkan kepada kita?

Dengan teleskop, akan menampilkan kedua planet secara bersamaan dan mengungkapkan piringan Venus menyerupai versi miniatur dari bulan bungkuk. Pembesaran tinggi, akan mengungkapkan sabuk awan gelap Jupiter dan empat dari bulan terbesarnya duduk di samping planet seperti deretan bebek.

Waktu terbaik untuk melihat?

Waktu terbaik untuk melihat duo kosmik, yakni antara setengah jam sampai satu jam setelah matahari terbenam pada jam lokal. Timing super juga penting, karena planet-planet yang begitu dekat dengan cakrawala, akan cepat mengikuti matahari, sekitar satu jam setelah matahari terbenam di bawah cakrawala.

Lokasi geografis anda, itu akan menjadi hal penting untuk menemukan tempat dengan garis yang jelas terlihat ke ufuk barat yang rendah.

Dan jika itu tidak cukup dari tontonan langit, ikuti juga mencari planet-planet yang brilian yakni Mars dan Saturnus bergabung dengan bintang Antares di langit barat daya pada malam ini.

Bagaimana jika saya ketinggalan yang satu ini?

Yang satu ini merupakan yang ketiga dan terakhir dalam serangkaian pertemuan yang terjadi antara Venus dan Jupiter hanya dalam waktu satu saja dari dua tahun. Duo kosmik yang agak ketat pada 18 Agustus 2014.

Pertemuan Venus-Jupiter ini, menjanjikan untuk menjadi konjungsi terbaik selama beberapa dekade yang akan datang, dan jika anda melewatkan yang satu ini, maka Anda akan harus menunggu sampai tahun 2065 untuk sebuah pertemuan dekat lagi.

Jangan kelewat, mari kita saksikan fenomena spektakuler ini !!

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- besok Pertemuan Kosmis jupiter

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =