by

José Zepeda – Jurnalis Radio Nederland Terima Gelar Doktor Kehormatan

José Zepeda - Jurnalis Radio Nederland Terima Gelar Doktor Kehormatan 1José Zepeda, jurnalis Radio Nederland menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Autónoma van Ecarnación di Paraguay atas komitmennya memperjuangkan HAM di Amerika Latin.

Menurut pihak Universitas Autónoma van Ecarnación, Zepeda – pimpinan redaksi Amerika Latin Radio Nederland – berperan penting dalam menyebarkan informasi.

José Zepeda, lahir tahun 1950, asal Cile, melarikan diri ke Belanda dari junta Augusto Pinochet di negeri kelahirannya pada tahun 70-an. Ia langsung bekerja di redaksi Amerika Latin RNW. Sampai sekarang, sudah bertahun-tahun ia memimpin redaksi tersebut.

Dalam siaran-siarannya Radio Nederland mengedepankan HAM, kebebasan mengeluarkan pendapat dan kebebasan pers. Dulu, hal ini membuat Radio Nederland dihujani kritik pedas dari rezim-rezim diktator di Amerika Latin, karena radio internasional ini memberikan pemimpin oposisi kesempatan berbicara.
Karena itulah, Radio Nederland berulang kali memenangkan berbagai penghargaan dan penghormatan.

José Zepeda berhasil mewawancarai pemimpin politik seperti presiden Ekuador Rafael Correa dan presiden Bolivia Evo Morales. Zepeda juga memberi kuliah di berbagai universitas dan pusat-pusat pendidikan.

Pemimpin Redaksi Radio Nederland, Rik Rensen, mengisahkan: “Kami pernah mengadakan konferensi di Bogota yang dihadiri 60 mitra. Di sana ada seorang perempuan tua datang ke Zepeda, ia memeluk Zepeda lalu berkata, ‘Ini suara yang menghubungkan desa saya dengan dunia.'”

José Zepeda diberi gelar doktor kehormatan. Sejak kedatangannya di Belanda, banyak yang berubah di Amerika Latin. Rezim diktator dulu sudah digantikan menjadi demokrasi. Namun menurut Zepeda, Radio Nederland masih punya peran penting di wilayah tersebut: “Demokrasi di Amerika Latin sangat rapuh. Sebagian pemerintah neo-populistis di sana cenderung otoriter. Kebebasan pers di beberapa negara amat buruk. Di Meksiko banyak sekali jurnalis yang dibunuh oleh komplotan terorganisir karena mereka melakukan penelitian mengenai korupsi atau pembunuhan perempuan.”

Tak lama lagi Radio Nederland akan menyorot masalah narkoba di Amerika Latin. Seksualitas juga menjadi topik penting. Tak hanya berbahasa Spanyol, situs berbahasa Indonesia juga akan dilansir untuk penerangan seksual: Love Matters 3 Mei 2011 mendatang, Radio Nederland bersama organisasi-organisasi nasional dan internasional akan menyelenggarakan perayaan Hari Kebebasan Mengeluarkan Pendapat.

Pemberian gelar kehormatan untuk Zepeda akan diselenggarakan pada 30 Mei 2011 di Paraguay.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- jose zepeda

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *