by

Jepang Ciptakan “Smile Ball”, Bawang Anti Air Mata

Bawang merupakan salah satu bahan dasar makanan yang paling sering dipakai untuk masakan. Bawang menambah rasa dan aroma sedap secara alami pada makanan yang kita makan. Bawang juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Masalahnya, ketika kita sedang mengiris bawang, gas yang dikeluarkan bawang akan membuat mata kita mengeluarkan air mata. Lalu, kenapa gas bawang bisa membuat kita menangis? Jawabannya ialah karena bawang memiliki syn-propanethial-S-oksida, agen lachrymatory yang mendorong keluarnya air mata. Jika hanya mengiris bawang, memang akan menghasilkan sedikit syn-propanethial-S-oksida. Namun, tetap saja gas ini memicu keluarnya air mata kita. Apalagi jika kita mencincang bawang, maka akan lebih memicu air mata kita untuk keluar.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan mesin pemotong bawang karena lebih praktis dan untuk menghindari gas bawang tersebut. Namun, beberapa orang lebih memilih mengiris bawang secara manual atau menggunakan pisau. Alasannya, karena bawang yang diiris tanpa sentuhan tangan langsung akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Smile Ball, Bawang Anti Air Mata
Smile Ball, Bawang Anti Air Mata (Gambar: House Food Group)

Untuk Anda yang termasuk orang yang memotong bawang secara manual, sebuah perusahaan makanan asal Jepang memberi pilihan kedua untuk Anda. Perusahaan makanan asal jepang yang bernama House Foods Group saat ini telah berhasil menciptakan bawang bebas air mata yang dinamakan “smile ball.” Smile Ball merupakan bawang inovasi terbaru yang tidak membuat air mata kita keluar ketika mengupasnya. Alasan penciptaan bawang bebas air mata ini ialah untuk meminimalisir efek mata pedas ketika mengiris dan mengupas bawang.

Kemunculan Smile Ball ini menghadirkan sensasi baru. Penelitian tentang inovasi bawang ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2002, yaitu tentang pemisahan kandungan gas bawang yang memicu keluarnya air mata. Penelitian ini berhasil memenangkan Penghargaan Nobel tahun lalu. Makalah yang dihasilkan dari penelitian ini akan segera direalisasikan pada bulan September mendatang. Dan jika berhasil, bawang anti air mata ini akan dipasarkan secara nasional.

Untuk mendapatkan bawang ini, Anda harus membelinya dengan harga dua kali lipat dari harga bawang biasanya. Seperti yang dilansir di Oddity Central, harga bawang ini mencapai 450 yen atau setara dengan Rp57 ribu per pak isi dua. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Smile Ball ialah rasanya yang manis mirip seperti apel atau pir Asia.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- monitoring perusahaan makanan

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − four =