by

Inilah Alasan Mengapa Kapsul Memiliki Dua Warna

Ketika kita sakit, kita pasti disuruh untuk minum obat. Seringkali bentuk obat yang kita minum berupa kapsul. Lalu, pernahkah kalian mengamati warna dari kapsul tersebut? Jika kita amati dengan saksama, kapsul selalu memiliki dua warna yang berbeda antara kedua sisinya, sisi kanan dan sisi kiri. Mengapa demikian? Mari kita ulas alasan mengapa kapsul memiliki warna yang tidak sama di kedua sisinya.

Kapsul biasanya berbentuk kecil. Mungkin tujuannya agar kapsul yang berisi obat tersebut mudah untuk diminum. Lalu, jika kita amati lagi bentuk dari kapsul, kita akan melihat perbedaan ukuran pada kedua sisi kapsul. Ada yang lebih besar, dan ada yang lebih kecil. Bagian kapsul yang lebih besar memiliki isi yang lebih banyak daripada bagian kapsul yang lebih kecil. Mari kita sebut bagian yang lebih besar sebagai wadah, dan bagian yang lebih kecil sebagai tutup.

Mengapa Kapsul Memiliki Dua Warna
Mengapa Kapsul Memiliki Dua Warna (Ilustrasi/pixabay)

Ketika kapsul dibuat, wadah ditempatkan di bagian bawah dengan posisi terbuka agar dapat diisi dengan obat. Wadah yang berukuran lebih besar juga akan dimasukkan tutup. Jika kedua bagian kapsul, yaitu wadah dan tutup diberikan warna yang sama pasti akan sulit membedakan mana yang tutup dan mana yang wadah. Masalahnya, kalau yang kita tarik wadahnya, isi obat akan keluar karena isi berada dalam wadah. Oleh karena itulah kapsul diberikan dua warna yang berbeda agar si peminum obat tidak salah menarik tutupnya.

Pemberian warna yang berbeda ini juga dapat meningkatkan efisiensi produksi kapsul tersebut. Selain itu, warna selang–seling pada kapsul terbukti mampu meningkatkan daya tarik kapsul di kalangan anak–anak sehingga membuat mereka tertarik untuk minum obat. Kita tahu sendiri kalau anak–anak itu sangat susah kalau disuruh minum obat.

Kemudian, dari sisi produsen kapsul, warna–warni pada kapsul memudahkan untuk membedakan kapsul yang satu dengan yang lainnya. Serta memberi ciri khusus pada perusahaan kapsul mereka agar tampak beda dengan perusahaan kapsul lainnya.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + five =