by

Indonesia Masih Demam K-Pop

Indonesia Masih Demam K-Pop – Hingga menjelang penghujung 2014, generasi muda Indonesia khususnya masih dilanda demam K-Pop. Antrian tiket untuk menyaksikan para boyband atau girlband asal Negeri Gingseng itu beraksi diatas panggung, selalu mengular.

Kemunculan kelompok K-Pop baru atau gosip-gosip mengenai personel K-Pop selalu menjadi treading topic di situs jejaring sosial. Genre musik dari Korea Selatan tersebut, seperti magnet, bukan hanya menarik kalangan ABG di Indonesia, tetapi juga di Singapura dan beberapa negara Asia lainnya.

Di negara asalnya, K-Pop sebetulnya bukan hal baru. Tonggaknya ketika Seo Taiji & Boys dibentuk pada 1992, dengan bereksperimen pada gaya musik yang berbeda hingga mendorong perubahan paradigma industri musik disana.

Pada awal tahun 2000-an, K-Pop menemukan momentumnya seiring dengan situs jejaring sosial yang menjamur. Untuk mencuri perhatian publik luar, kelompok-kelompok musik K-pop memanfaatkan situs youtube. Majalah Time menulis, K-Pop merupakan ekspor Korsel terbesar.

Mereka yang Tenar

Di Indonesia, ada lebih dari 10 boyband dan girlband Korsel yang sangat digandrungi. Beberapa boyband yang paling mencolok adalah Super Junior (suju) dengan debutnya Mr. Simple, EXO, 2 PM dan B.A.P. Kelompok K-Pop tersebut beranggotakan lebih dari 5 personel, berusia menginjak 20 tahun dan umumnya berwajah rupawan, khas Asia. Walhasil, histeria para fans pun menggema saat para personel muncul dan tampil diatas panggung.

Eksistensi para girlband Korsel juga tak kalah dengan boyband. Bedanya, para penggemar girlband umumnya anak-anak usia menjelang remaja. Nama-nama girlband yang cukup santer di tanah air di antaranya, SNSD, T-ara dan teranyar Girl’s Day. Fenomena K-Pop di Indonesia mencapai puncaknya ketika Psy menggegerkan publik dengan “joget” Gangnam Style.

Memberikan pengaruh
Popularitas K-Pop hingga lintas negara, tak pelak ikut memberikan pengaruh pada warna industri musik tanah air. Mengekor kesuksesan SNSD, produser musik Indonesia menelurkan Cherrybelle, yang mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Yang juga sempat mencuri perhatian publik dalam negeri adalah kehadiran boyband SM*SH, yang beranggotakan 5 personel laki-laki dengan lagu paling populer berjudul “I Heart You”.

Selain remaja, muncul pula boyband anak-anak. Pasalnya, K-Pop bukan hanya digandrungi oleh remaja di Indonesia, tetapi juga anak-anak. Boyband anak-anak asal Indonesia yang cukup sukses adalah coboy junior dengan hitsnya, Kamu, Terhebat dan EeeAaa.

Keranjingan K-Pop

Indonesia Masih Demam K-Pop 1
Girl’s Day

Kemajuan teknologi seolah meniadakan batasan jarak. Sehingga di Indonesia maupun belahan dunia lainnya bisa menyaksikan langsung seperti apa perkembangan musik K-Pop yang hingga kini berjaya.
Dunia hiburan di Indonesia tak mau ketinggalan tren. Mereka menjual apapun yang berhubungan dengan K-Pop, mulai dari aliran musik sampai gaya artis-artisnya. Masyarakatpun bagai tersihir demam K-Pop. Tren yang biasanya cepat surut di Indonesia, belum dirasakan K-Pop.

Industri hiburan Korea Selatan yang maju turut menjadikan demam K-pop mendunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia K-Pop mulai berkembang pesat menjelang akhir 2010. Kini musik K-Pop sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari penggemar musik di Indonesia.

Indonesia Masih Demam K-Pop 2
gripgitar.com

Dari Psy hingga EXO

Penggemar musik K-Pop di Indonesia begitu besar. Kondisi ini, diamati sebagai kedigdayaan K-Pop yang mampu mempengaruhi kebudayaan di luar Korea Selatan hingga mengundang keheranan banyak orang.

Psy
Indonesia Masih Demam K-Pop 3
Nama aslinya Park Jae-sang, tetapi lebih dikenal dengan nama panggung Psy. Dia malang-melintang di dunia hiburan Korsel sejak 1999 sebagai penyanyi, penulis lagu dan produser musik. Psy menggegerkan publik dengan goyang Gangnam Style. Gara-gara itu pula, Psy bisa bertatap muka dengan Sekjen PBB, Ban Ki-moon. Di situs YouTube, video klip Gangnam Style sudah ditonton lebih dari 1 miliar kali.

SNSD
Indonesia Masih Demam K-Pop 4
Bukan cuma boyband, girlband asal Korea Selatan pun digandrungi. SNSD buktinya. Kelompok ini, dibentuk pada 2007 dan beranggotakan 8 personil. Hits mereka yang paling populer diantaranya “Gee”, “Tell Me Your Wish”, “Run Devil Run”, dan “Oh!”. SNSD atau yang juga dikenal dengan nama Girls’ Generation, sering diterpa gosip bubar, tetapi untungnya sampai sekarang mereka masih tetap eksis.

Super Junior
Indonesia Masih Demam K-Pop 5
Super Junior atau Suju merupakan K-Pop terpopuler di Indonesia. Kelompok yang dibentuk pada 2005 itu, sudah berkali-kali menggelar konser di Indonesia. Konser di MEIS Ancol April 2012, bahkan digelar selama tiga hari berturut-turut dan dihadiri ada lebih dari 25 ribu penonton. Penjualan tiket ludes dalam 3 jam. Lagu mereka yang cukup dikenal “Sorry, Sorry” , Mr. Simple dan “S*xy, Free & Single”.

T-ara
Setelah dibentuk pada 2009, kelompok ini sudah 4 kali bongkar-pasang personel. Namun untungnya, mereka tetap tidak kehilangan penggemar. Single mereka yang cukup terkenal “TTL (Time to Love)”, “Bo Peep Bo Peep”, dan “I Go Crazy Because of You”. Lagu John Travolta Wannabe yang diluncurkan pada 2011 berhasil menduduki posisi pertama Gaon chart.

2PM
Kelompok ini paling sering diberitakan dengan pergantian personel. 2PM memulai debutnya september 2008, dengan single yang berjudul “1O Jeom Manjeome 10jeom”. Single “Again & Again” dan “I Hate You” menduduki posisi puncak chart “KBS Music Bank” pada 2010. 2PM juga berhasil membawa pulang piala “Best Male Group” dan “Artist of the Year” di ajang “M.net Asian Music Awards 2009”.

2NE1
Girband 2NE1 didirikan pada 2009, tetapi baru menggelar konser pertama mereka di Indonesia pada pertengahan 2014 lalu, bertajuk World Tour ‘All or Nothing’. Lagu mereka “I Don’t Care” memenangkan penghargaan Song of the Year pada 2009 dalam ajang Mnet Asian Music Awards. Kesuksesan yang sana juga diraih untuk lagu “Go Away”, “Lonely” dan “I Am the Best”.

Girl’s Day
Girl band ini, dibentuk pada 2010 dan termasuk sepi dari gosip. Mereka menggelar konser pertama bertajuk “Summer Party” di Jakarta pada Juli 2014 lalu. Lagu hit Girl’s day diantaranya, “Something”, “Twinkle Twinkle”, dan “Hug Me Once”.

B.A.P
B.A.P adalah kepanjangan dari Best Absolute Perfect. Kelompok ini terbilang anyar karena baru dibentuk pada 2012. Kendati begitu, konser mereka di Indonesia pada 2012 dihadiri oleh 20 ribu fans. Lagu mereka yang cukup terkenal seperti ‘One Shot’, ‘Badman’, ‘Cofee Shop’, ‘Punch’, dan ‘Power’.

EXO
Boyband ini dibentuk pada 2011 dan terdiri dari 11 personel. Debut Album mereka “Mama” pada 2012 dan XOXO pada 2013, terjual lebih dari 1.5 juta kopi total seluruh dunia. Dua mini-album mereka yang juga cukup laris, berjudul “Miracles in December” yang dilansir pada 2013 dan “Overdose” pada 2014. EXO pertama kali menggelar konser pada September lalu di Jakarta. (Sumber: Deutsche Welle)

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- artikel tentang k pop - artikel tentang kpop di majalah - demam korea boyband dan girlband saat ini di indonesia - girl band yang berkali kali bongkar pasang personil - negara mengikuti industri kpop - perkembangan kpop di indonesia - semangat belajar gara gara boyband

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 5 =