by

Ilmuwan Buat Tikus Transparan, Kemajuan Pemetaan Otak Manusia

5/5 (1)

Sebuah tim ilmuwan telah menemukan sebuah cara “revolusioner”, untuk membuat hewan-hewan kecil, seperti tikus, benar-benar transparan dari kepala ke ekor. Hal tersebut, untuk memajukan penelitian lebih lanjut tentang pemetaan otak.

Dilansir dalam Nature World News, solusi baru ini menawarkan cara untuk melihat dan mengamati diri dalam tubuh, tanpa perlu menggunakan MRI atau memotong objek menjadi irisan halus untuk proses di mikroskop.

Ilmuwan Buat Tikus Transparan, Kemajuan Pemetaan Otak Manusia
Ilmuwan Buat Tikus Transparan, Kemajuan Pemetaan Otak Manusia (Ilustrasi/pixabay)

“Sekarang, kita bisa melihat ke dalam kabel dari seluruh tikus dalam resolusi tinggi,” ujar Ali Erturk, seorang ilmuwan syaraf di Ludwig Maximilian University of Munich.

Lebih lanjut, Erturk mengatakan bahwa proses baru ini, dijuluki “DISCO ultimate” atau uDISCO, menciptakan cara yang lebih efisien dalam mempelajari sel-sel tumor dan neuron, karena para ilmuwan bisa mendapatkan gambaran keseluruhan dari segala sesuatu.

Dalam rangka untuk membuat tikus mati transparan, ilmuwan mengekstrak air dan lipid hewan dengan merendamnya dalam larutan sampai tubuhnya menjadi seperti gelas dan menempatkan air berwarna ke dalam sel, untuk observasi. Proses tersebut mengeraskan jaringan, tetapi mempertahankan fleksibilitas serta mengurangi ukuran binatang.

Ketika diletakkan di bawah mikroskop, binatang transparan memberikan resolusi tinggi dari sel target.

Penemuan ini, membuka pintu untuk lebih memahami sistem saraf dan penyakit terhubung. Di masa depan, Erturk berharap dapat memetakan otak manusia untuk mengamati bagaimana kondisi jiwa beroperasi.

Sumber Video: TomoNews US

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − eight =