by

HEBAT! Ilmuwan Ini Menciptakan Mesin Pengubah Air Seni Menjadi Air Minum

5/5 (1)

Semakin hari, pengetahuan dan kecerdasan individu semakin bertambah. Seiring bertambah tuanya zaman, kemajuan teknologi pun berlangsung semakin melaju cepat. Telah banyak penemuan–penemuan hebat yang telah dihasilkan oleh tangan dingin ilmuwan yang keberadaannya saat ini sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia di bumi. Meski begitu, rasa puas para ilmuwan belum terbayarkan. Para ilmuwan kita masih terus bekerja dan melakukan penelitian–penelitian untuk menghasilkan teknologi baru yang berguna bagi kehidupan manusia. Contohnya ialah mesin inovasi terbaru ini yang mampu mengubah air seni menjadi air minum.

Berita mengejutkan ini muncul dari benua Eropa, tepatnya di Belgia dimana sekelompok ilmuwan mengaku bahwa mereka berhasil menciptakan sebuah mesin bertenaga surya yang mampu mengubah air seni menjadi air minum yang layak diminum. Selasa lalu (26/7/2016) dua orang ilmuwan Belgia bernama Marjolein Vanoppen dan Sebastiaan Derese dari University of Ghent melakukan demonstrasi untuk menunjukkan bagaimana mesin ini bekerja.

Ilmuwan Ini Menciptakan Mesin Pengubah Air Seni Menjadi Air Minum
Ilmuwan Belgia Marjolein Vanoppen dan Sebastiaan Derese (kanan) menunjukkan cara menggunakan mesin bertenaga surya untuk mengubah air seni menjadi air minum dan pupuk di kampus University of Ghent, Belgia (26/7/2016). (Gambar: Reuters/Francois Lenoir)

Pertama, air seni yang akan digunakan dikumpulkan dalam sebuah tangki besar. Kemudian, air seni itu dipanaskan dalam ketel bertenaga surya. Terakhir, air seni yang telah dipanaskan itu dilewatkan melalui membran khusus untuk memisahkan air seni itu menjadi air dan senyawa–senyawa lain seperti potasium, nitrogen dan fosfor. Air yang dihasilkan menjadi air yang layak minum. Dan senyawa–senyawa lainnya digunakan untuk membuat pupuk.

Teknik ini dikatakan dapat diterapkan di daerah–daerah pedesaan atau di negara-negara berkembang karena mesin ini menggunakan peralatan yang hemat energi. Seperti ketel yang bertenaga surya yang digunakan untuk memanaskan air seni dan membran khusus yang hemat energi sehingga dapat digunakan di daerah–daerah yang tidak mendapat pasokan listrik.

“Kami bisa mendapatkan pupuk dan air minum dari air seni menggunakan proses yang sederhana dan tenaga surya,” ujar peneliti University of Ghent Sebastiaan Derese.

Para ilmuwan Belgia ini memasang mesin pengubah air seni ini di sebuah festival musik yang diselenggarakan di Ghent dengan tujuan mendapat air seni gratis sebagai bahan percobaan. Selama sepuluh hari, telah terkumpul air seni sebanyak 10.000 liter dari para pengunjung.

Derese juga mengatakan, bahwa target selanjutnya yang ingin dicapai aialah memasang mesin yang lebih besar lagi untuk ditaruh di stadion–stadion olahraga dan bandar udara. Kemudian, menaruh mesin bermanfaat ini di tempat–tempat dimana ketersediaan pupuk dan air bersih layak pakai kurang tersedia.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- ################# - artikel ilmuwan belgia ciptakan mesin pengubah air seni jadi air minum - mesin pegubah

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =