by

15 Fakta tentang white house yang tidak Anda ketahui

Walaupn setiap tahun white house dikunjungi oleh sampai 100.000 pengunjung, namun apa yang terjadi di balik pintu tertutup itu masih menjadi misteri, bahkan bagi sejarawan amatir sekalipun. Inilah Fakta tentang white house yang tidak Anda ketahui:

15 Fakta tentang white house yang tidak Anda ketahui

  • Arsitek Gedung Putih Bukanlah orang Amerika

Gedung Putih dirancang oleh James Hoban, seorang arsitek Irlandia yang memulai karir kenegaraannya di Philadelphia pada tahun 1785.

  • Tidak Punya Nama Resmi

Gedung Putih mendapat nama resminya pada tahun 1901, oleh Teddy Roosevelt. Sebelum itu, disebut sebagai Executive Mansion, President’s Mansion, atau President’s House.

  • John Adams merupakan presiden pertama yang tinggal di dalamnya

Saat Gedung Putih sedang dibangun selama masa jabatan presiden George Washington, dia tidak pernah tinggal di sana.

  • Beberapa orang telah meninggal di Gedung Putih

Presiden William Henry Harrison dan Zachary Taylor, keduanya meninggal di Gedung Putih. Tiga wanita pertama-Letitia Tyler, Caroline Harrison, dan Ellen Wilson-juga meninggal di sana. Sampai saat ini, total sudah ada 10 orang yang telah meninggal di dalam Gedung Putih.

  • Ada hantu yang masih hidup di dalamnya

Fakta tentang white house - Ada hantu yang masih hidup di dalamnya

Rumor mengatakan bahwa hantu Abraham Lincoln masih menghantui Gedung Putih. Sebenarnya, telah ada laporan penampakan Presiden keenam belas itu di Gedung Putih sejak tahun 1903.

  • Ada Kolam Tersembunyi di Bawah Ruang Pers

Fakta tentang white house - Ada Kolam Tersembunyi di Bawah Ruang Pers

Meskipun Gedung Putih memiliki kolam eksterior, kolam interiornya sekarang tersembunyi di bawah lantai. Kolam renang dalam ruangan, yang dibuka pada tahun 1933 untuk digunakan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt, berada di bawah Ruang Briefing James S. Brady saat ini.

  • Gedung Putih Tidak Memiliki Listrik Hampir Satu Abad

Fakta tentang white house - Gedung Putih Tidak Memiliki Listrik Hampir Satu Abad

Gedung Putih diterangi lampu gas sampai tahun 1891, saat listrik pertama kali dipasang.

  • Oval Office Terinspirasi oleh George Washington

Meskipun George Washington tidak pernah tinggal di Gedung Putih dan sudah lama meninggal sebelum Oval Office pertama kali digunakan pada tahun 1909, Washington menjadi inspirasi bagi bentuk ruangan yang tidak biasa itu. Washington dilaporkan bersikeras untuk memiliki dinding bulat di rumah Philadelphia-nya sehingga cocok untuk mengadakan pertemuan formal. Desain ini diikuti saat Oval Office dibangun, meskipun resepsi formal semacam itu tidak lagi diselenggarakan di tempat itu.

  • Pernah dibakar

Tentara Inggris membakar Gedung Putih pada tahun 1814, menyebabkan kerusakan parah pada eksterior dan menghancurkan sebagian besar interiornya.

  • Tempat Pernikahan Populer

Ada sejumlah acara pernikahan di Gedung Putih sejak pertama kali dibangun. Delapan belas pasangan telah menikah di Gedung Putih, yang terakhir pada tahun 2013.

  • Ada Gedung Putih di Irlandia

Leinster House, sebuah istana ducal di Dublin, menjadi inspirasi bagi desain bangunan arsitek Irlandia James Hoban yang berasal dari Irlandia.

  • Lebih besar dari yang terlihat
Fakta tentang white house
Fakta tentang white house

Gedung itu berukuran 55.000 kaki persegi dan memiliki 132 kamar.

  • Salah satu gedung pemerintah yang dapat diakses dengan kursi roda pertama

Mobilitas terbatas Presiden Theodore Roosevelt mengharuskan gedung tersebut harus dilengkapi dengan lift dan landai. Penambahan ini menjadikannya salah satu bangunan ramah kursi roda pertama di Washington.

  • Ada Arena Bowling di Basement

Arena bowling pertama dibangun di Gedung Putih pada tahun 1947, dan pada tahun 1969, sebuah arena bowling baru dipasang oleh Presiden Nixon.

  • Layanan yang Presiden Nikmati Tidak Gratis

Meskipun Anda mungkin menganggap bahwa menjadi Orang Nomor Satu berarti bahwa segala sesuatu di Gedung Putih gratis, Itu keliru. Bahkan, presiden dan keluarga mereka membayar makanan, dry cleaning, rambut dan makeup, serta staf untuk pesta.

Demikianlah 15 Fakta tentang white house yang tidak Anda ketahui, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kita.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + seven =