by

Fadhilah Surat Ar Rahman

5/5 (1)

Surat Ar rahman termasuk dalam golongan surat Madaniyyah, surat ini terdiri dari 78 buah ayat.

Dari Ali, ra. Rasulullah SAW bersabda: Tiap-tiap sesuatu mempunyai pengantin perempuan, pengantin Al-Qur’an ialah Surat Ar Rahman (HR. Baihaqi)

Fadhilah Surat Ar Rahman

Diridhoi oleh Allah

Dalam tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah SAW bersabda: “barang siapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

Mendapat syafaat pada hari kiamat.

Rasulullah SAW bersabda: “jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya (Ar Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum, pada hari kiamat, tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang paling dekat denganNya selainnya. Pada saat itu Allah berfirman: siapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia (Ar Rahman) menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjadi putih. Dan Allah berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian. Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalu Dia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

Mendatangkan jodoh

Meskipun ini tidak ada dalilnya, namun berhubung karena Surat Ar Rahman merupakan pengantinnya Al-Qur’an, maka Surat ini bisa diamalkan oleh mereka yang saat ini belum mendapatkan jodoh, agar nantinya Allah mengaruniakan pasangan yang saleh / salehah.

Anda bisa mengamalkan Surat Ar Rahman minimal sekali sehari. Niatkan pahalanya dikirimkan kepada Ruh Rasulullah SAW, dan fadhilahnya diturunkan kepada Anda yang sedang mencari jodoh.

Mendapatkan kemurahan rezeki

Fadhilah surat Ar Rahman lainnya yaitu untuk mendapatkan kemurahan rezeki. bagi siapa saja yang rutin atau istiqomah dalam mengamalkannya. Sesuai dengan nama surahnya “Ar-Rahman” yang berarti “pemurah”, maka Insya Allah akan diberikan kemurahan rezeki bagi mereka yang rutin mengamalkannya.

Surat Ar Rahman

Fadhilah Surat Ar rahman

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575