by

Fadhilah Surat Al Mulk

5/5 (1)

Fadhilah Surat Al Mulk.

Sebagai Penenang di Alam Kubur.

Salah satu fadhilah Surat Al Mulk ialah sebagai penenang di alam kubur.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca surat Al Mulk setiap malam, maka kelak di alam kuburnya akan merasa tenang jika mendapatkan pertanyaan dari malaikat. Dan sebelum mati akan dijauhkan dari segala macam fitnah.

Dijauhkan dari siksa kubur.

Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang membaca Tabarakalladzi biyadihil mulk setiap malam, maka Allah akan menyelamatkannya dari siksa kubur (HR An Nasa’i)

___________________________

Rasulullah SAW bersabda: Surat Tabarak, disebut Al-Munjiah, yaitu surat yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur HR Turmudzi).

___________________________

“Barangsiapa membaca surat Tabarakalladzi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shahih, dan dihasankan oleh Albani)

___________________________

Telah menceritakan pada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim, ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin ‘Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari ‘Arfajah bin ‘Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata,

“Barangsiapa membaca “Tabarakalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih)

Riwayat di atas mauquf, hanya perkataan ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu.

Memudahkan datangnya rezeki.

Sahabat Anas ra mengatakan: Jika kita membaca surat Al Mulk secara rutin setiap selesai shalat, maka Allah akan memudahkan datanya rezeki.

Baca juga: Fadhilah Surat Al Waqiah.

Diampuni segala dosa.

Rasulullah SAW bersabda: Bahwasanya suatu surat di dalam Al-Quran yang mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya, sehingga diampuni dosanya oleh Allah SWT, yaitu: Tabarakalladzi biyadihil mulk: Maha suci Allah yang di tangan-Nya lah segala kerajaan. (HR Abu daud)

Hadits di atas diriwayatkan pula oleh At-Tirmidzi dan yang lainnya. Hadits tersebut shahih dan telah dishahihkan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan At-Tirmidzy dan Albani menghasankannya.

“Ada surat dari Al-qur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarak“. (HR. Thabarani dalam Mu’jamul Ausath, dan dihasankan oleh Albani dalam Shahihul Jami’)

____________________________

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)” (HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Majah no. 3786, dan Ahmad 2/299).

Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “’Abbas Al Jusyamiy tidak diketahui mendengar hadits dari Abu Hurairah. Akan tetapi Ibnu Hibban menyebutkan perawi tersebut dalam Ats Tsiqqat. Hadits tersebut memiliki syahid (penguat) dari hadits yang shahih dari Anas, dikeluarkan oleh Ath Thabrani dalam Al Kabir dengan sanad yang shahih.” (Nailul Author 2/227)

Surat Al Mulk

Fadhilah Surat Al Mulk

Doa setelah membaca Surat Al Mulk

Doa setelah membaca Surat Al Mulk

Allahumma shalli wa sallim ‘alaa Sayyidinaa Muhammad, sayyidil awwaliina wal akhiriin, wa sallim wa radhiyallahu tabaaraka wa ta’alaa an kullisshahaabati ajma’iin.
Allaahumma’shimni bil islaami qaa ‘iman wa raaqidan wa laa tusymit fiyya ‘aduwwan wa laa haasidan. Allaahumma innii a’udzubika min syarri kulli daabbatin anta akhidzun binaashiyatihaa wa as’alukal khaeralladzii biyadika. Wa shallallahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, penghulu orang-orang terdahulu dan terkemudian, Dan limpahkanlah keselamatan dan keridhaan Allah Yang Maha Suci lagi Maha Luhur kepada seluruh sahabat.
Ya Allah, jagalah keislaman kami di waktu kami dalam keadaan jaga dan tidur. Jauhkanlah kami dari musuh yang mencaci maki dan dengki.
Ya Allah, kami berlindung kepada Engkau dari kejahatan binatang melata, karena sesungguhnya Engkaulah yang memegang ubun-ubunnya. Dan kami memohon kepada Engkau kebaikan yang ada pada kekuasaan Engkau.
Rahmat dan keselamatan semoga tetap terlimpah atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan sahabatnya.”

Demikianlah fadhilah Surat Al Mulk, dan doa setelah membaca Surat Al Mulk, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575