Bacaan Doa Qunut Subuh, Nazilah, dan Witir

5/5 (1)

Secara umum, Doa Qunut dapat diartikan sebagai sebuah bacaan yang di dalamnya berisikan beberapa kalimat doa permohonan selamat dunia akhirat dan permohonan agar dijauhkan dari bala bencana yang setiap saat bisa saja datang menghampiri kita. Doa qunut bukan sebatas doa saja, tetapi qunut yang dibacakan pada saat sholat juga mempunyai hukum sunnah seperti halnya sholat di waktu subuh.

Menurut ulama shohih, ada 3 jenis doa qunut, yakni qunut subuh, nazilah dan qunut pada shalat witir di bulan ramadhan. Ketiga jenis tersebut mempunyai perbedaan, baik itu dari segi hukum, pelaksanaan, sampai pada pembacaannya.

Qunut subuh ialah qunut yang dilakukan pada setiap sholat subuh, tepatnya ini biasa dibacakan ketika setelah kita membaca doa i’tidal atau sebelum turun untuk melakukan sujud pada rakaat kedua atau terakhir. Pada jenis qunut subuh ini, terjadi perbedaan pendapat dari ke empat madzhab yang ada dalam Islam, menurut imam Syafi’i dan madzhab Maliki ini hukumya Sunnah, Sedangkan  ulama madzhab Hanafi dan Madzhab Hambali berpendapat bahwa sebenarnya tidak ada qunut pada shalat subuh.

Qunut nazilah ialah qunut yang dilakukan selain pada sholat subuh dan sholat witir di bulan ramadhan. Tetapi doa qunut yang satu ini dikerjakan apabila Anda sebagai umat muslim sedang ditimpa musibah, sebagai contoh peperangan, seperti pada beberapa waktu yang lalu di Palestina atau cobaan yang lainnya. Hukum dari jenis qunut yang satu ini sepakat mayoritas para ulama membolehkannya.

Sedangkan pada qunut witir, yakni hanya ada pada bulan ramadhan yang biasanya akan dilakukan pada rakaat akhir shalat witir setengah akhir bulan ramadhan atau pada umumnya dilaksanakan oleh mayoritas masyarakat muslim Indonesia, yakni sejak malam tanggal lima belas hingga akhir pada bulan ramadhan tiap malam pada sholat witir yang dikerjakan setelah tarawih. Menurut pada ulama’, ini mempunyai hukum sunnah dalam arti harus dikerjakan.

Dalam perakteknya, pembacaan dari doa qunut ini akan dibacakan langsung oleh imam yang nantinya akan diamini oleh makmum apabila sholatnya dilakukan berjamaah, tetapi apabila munfarid atau sholatnya sendiri maka boleh langsung dibacakan sendiri secara pelan dan jelas.  Hal ini berarti bacaan doa qunut pendek harus difahami oleh setiap orang, tidak hanya oleh imam saja, sebab tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang kita melaksanakan sholat secara munfarid.

Bacaan Doa Qunut Subuh

Nah, untuk kalian yang ingin menghafal doa qunut yang dibacakan pada sholat subuh, maka kalian dapat melihat dan membaca lafadznya di bawah ini.

Bacaan doa qunut

Baca juga: Fadhilah Surat Nuh.

Bacaan Doa Qunut Latin

Untuk kalian yang mungkin masih belum terlalu faham dengan tulisan arab, kalian bisa belajar membaca doa qunut latin di bawah ini.

  1. Allahummahdinii fiiman hadait.
  2. Wa’aa finii fiiman ‘aafait.
  3. Watawallanii fiiman tawal-laiit.
  4. Wabaariklii fiimaa a’thait.
  5. Waqinii birahmatika syarramaa qadhait.
  6. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik.
  7. Wainnahu laayadzilu man walait.
  8. Walaa ya’izzu man ‘aadait.
  9. Tabaarakta rabbanaa wata’aalait.
  10. Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait.
  11. Astaghfiruka wa’atuubu ilaik.
  12. Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Arti dari Doa Qunut

Untuk kalian yang ingin mengetahui bagaimana makna atau arti dari doa qunut, kalian dapat melihat terjemahannya di bawah ini.

  1. Ya Allah ya tuhan kami tunjukkanlah akan daku sebagaimana mereka yang sudah Engkau tunjukkan.
  2. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau sudah beri kesehatan.
  3. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang sudah Engkau peliharakan.
  4. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang sudah Engkau karuniakan.
  5. Dan selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang Engkau sudah tentukan.
  6. Maka sesungguhnya Engkaulah yang dapat menghukum dan bukan kena hukum.
  7. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin itu.
  8. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya itu.
  9. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau yaa Allah.
  10. Maha Tinggi bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan terhadap kami.
  11. Aku memohon ampunan dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau ya Allah.
  12. Semoga Engkau mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabat beliau.

Baca juga: Fadhilah Surat Al Mulk.

Bacaan Qunut Nazilah

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, bahwa doa qunut ini dapat kalian bacakan saat sedang menghadapi masalah seperti halnya perang dan beberapa keadaan yang terbilang genting. Untuk bacaannya kalian dapat melihatnya di bawah ini.

Doa qunut nazilah

Artinya:

” Yaa Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Yaa Tuhan kami, hanya Engkau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan sholat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.

Yaa Tuhan kami, jatuhkan azab-Mu kepada orang-orang kafir dan musyrik, (mereka) musuh-musuh agama yang berupaya menghalangi orang lain dari jalan-Mu, mereka yang mendustakan rasul-Mu, dan mereka yang memusuhi kekasih-kekasih-Mu. Ya Allah, ampunilah hamba-hamba-Mu yang beriman laki-laki dan perempuan, kaum muslimin dan muslimat, baik yang hidup maupun yang sudah wafat.

Sungguh, Engkau Maha Dekat dan Pendengar segala munajat. Wahai tuhanku, damaikanlah pertikaian di antara mereka kaum muslimin, bulatkan hati mereka, masukkan kekuatan iman dan hikmah di qalbu mereka semua, tetapkan mereka di jalan nabi dan rasul-Mu, ilhami mereka untuk memenuhi perjanjian yang telah Engkau ikat dengan mereka, bantulah mereka mengatasi musuh mereka dan seteru-Mu. Wahai Tuhan yang hak, masukkanlah kami ke dalam golongan mereka itu. Semoga shalawat dan salam Allah tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”

Keutamaan Doa Qunut

Untuk beberapa orang yang tidak mengetahui apa itu doa qunut, mungkin tidak tahu beberapa keutamaaannya. Tapi berhubung kalian sudah datang pada blog ini, maka wajib setelah ini kalian memberi tahukan mereka yang tidak tahu mengenai beberapa keutamaan qunut di bawah ini :

Memberi Petunjuk

Dengan kalian membaca qunut, secara otomatis kalian meminta petunjuk pada Allah melalui lafadz “Allahummahdinii fii man hadaiit”. Ini bermakna permintaan hamba pada Tuhannya.

Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Melalui lafadz “wa’aafini fii man aafait” ini tidak saja diyakini memberi perlindungan yang berbentuk keselamatan. Kalimat ini juga dapat memberikan keselamatan, contohnya mencegah hamba-Nya dari setiap jenis penyakit, entah itu berupa penyakit hati dan penyakit yang ada pada badan.

Baca juga: Fadhilah Surat Al Waqiah.

Memberi Berkah atas Rezeki yang didapat

Dalam doa qunut ada lafadz “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang artinya berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih. Hal ini menjelaskan bahwa Allah akan senantiasa menganugerahkan kebaikan yang berbentuk berkah untuk setiap hambanya.

Ruangan komen telah ditutup.