by

Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi

5/5 (1)

Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi – Tidak ada makhluk di muka bumi ini yang dapat menghindari yang namanya bencana, termasuk gempa bumi, kecuali Allah menghendakinya.

Akhir-akhir ini, gempa bumi sering terjadi di Indonesia, sepertinya lempeng bumi bergejolak di mana-mana. Namun kita jangan terlalu khawatir, karena semua itu sudah direncanakan oleh Allah. Meskipun kita tidak boleh mengingkari bahwa apapun musibah yang terjadi di muka bumi ini karena ulah manusia yang ada di dalamnya.

Kita hanya perlu selalu waspada dan selalu mengingat Allah setiap saat. Menjalankan perintah-perintah-Nya, terutama shalat lima waktu, dan menjauhi segala larangan-Nya.

Menurut Syeikh Zakariya Al-Anshari dalam kitab Asnal Mathalib menjelaskan, “Ketika terjadi gempa atau angin kencang atau petir menyambar hendaklah seseorang berdoa kepada Allah”.

Kita semua milik Allah, dan tak kuasa untuk menolak bencana. Dan jika bencana gempa bumi itu datang, selain melakukan upaya penyelamatan diri, Rasulullah SAW juga telah mengajarkan pada kita untuk berdoa.

Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi

Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi

ALLAHUMMA INNII AS’ALUKA KHOIROHAA, WA KHOIROMAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIH, WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHAA WASYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA ARSALTA BIH.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (HR Muslim)

Saat terjadi gempa bumi, bacalah doa di atas untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT. Semoga doa ini bisa dibaca, dihafalkan, dan diamalkan saat terjadi gempa bumi di sekitar kita.

Selain doa ketika terjadi gempa bumi di atas, inilah beberapa amalan yang bisa dilakukan jika terjadi gempa bumi:

  • Bertaubat kepada Allah

Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah berkata, “Kadang-kadang Allah mengizinkan bumi bernapas sehingga mengakibatkan gempa dan tsunami yang dahsyat, sehingga hal itu menjadikan ketakutan kepada Allah, kesedihan, taubat dan berserah diri kepada Allah”.

  • Membantu korban gempa yang lain

“Barang siapa yang membantu menghilangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan menghilangkan kesusahan darinya besok di hari kiamat” (HR. Muslim no. 2699).

Demikianlah Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi, dan amalan yang bisa dilakukan ketika terjadi gempa bumi. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575