by

Ditemukan Bom Cuaca, Membuka Rahasia Interior Bumi

Sebuah tim ilmuwan dari Jepang telah untuk pertama kalinya, mendeteksi fenomena langka yang disebut sebagai “Bomb Weather” alias “Bom Cuaca”. Kedalaman tremor Bumi ini, disebabkan oleh gelombang S.

Dilansir dalam Nature World News, gelombang S terdeteksi di lepas pantai Greeland – Samudra Atlantik Utara, yang memiliki kecepatan 20-22,2 kilometer per detik. Para ilmuwan mendeteksi S gelombang ini, menggunakan Seismic Array.

Bom Cuaca, Membuka Rahasia Interior Bumi
Bom Cuaca, Membuka Rahasia Interior Bumi (Ilustrasi/By VIIRS imagery from the Suomi NPP satellite operated by the National Oceanic and Atmospheric Administration [Public domain], via Wikimedia Commons)
“Menggunakan Seismic Array di Jepang, kami mengamati kedua gelombang P dan S microseisms, dengan badai yang jauh parah di Samudera Atlantik,” ujar Kiwamu Nishida & Royta Takagi, sebagai peneliti.

“Perjalanan energi seismik dari bom cuaca melalui Bumi, tampaknya mampu menerangi banyak bercak gelap dari interior bumi.” pungkasnya.

Lansiran Sputnik News mencatat, bahwa dalam rangka untuk melacak hal dalam tremor Bumi ini, para peneliti harus menganalisis data yang berbeda dari 202 stasiun seismik ekstra-sensitif yang terletak di Jepang.

Gelombang S sangat jarang terdeteksi, karena mereka biasanya memudar dalam kebisingan seismik planet. Berbeda dari gelombang P, yang dapat dideteksi oleh hewan sebelum gempa bumi yang akan datang. Gelombang S berjalan lebih lambat, sehingga sulit untuk mendeteksi dan melacak sumbernya.

Laporan BBC, selama gempa bumi, getaran tersebut dari gelombang S tiba setelah gelombang P dan menyebabkan tremor lebih kuat dari yang terakhir.

“Sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang struktur internal Bumi, telah ditentukan dari mempelajari cara gelombang gempa merambat, melalui kerak yang lebih rendah dan mantel dan inti,” ujar Peter Bromirski dari University of California San Diego.

“Untuk melakukan itu, Anda harus memiliki sumber yang dapat menghasilkan sinyal yang menyebar ke stasiun seismik Anda. Untuk beberapa alasan ada sangat sedikit gempa di pertengahan Pasifik … sehingga kita tidak memiliki sumber apapun di sana, ” dia menambahkan. Sumber : BBC World Service.

Sumber Video: Atkinson Physics

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- Peneliti interior bumi

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =