by

Dewan Pengawas Resmi Pecat Empat Direktur TVRI

Media Monitoring Club – Dewan Pengawas Televisi Republik Indonesiaresmi memecat Direktur Utama TVRI Farhat Syukri dan tiga direktur lainya, Senin, 18 November 2013. Tiga direktur yang juga dipecat adalah Direktur Teknik Erina HC Tobing, Direktur Program dan Berita Irwan Hendarmin, dan Direktur Pengembangan dan Usaha Usaha Erwin Aryanantha.”Surat pemberhentian mereka memang sudah diterbitkan,” kata anggota Dewan Pengawas, Indrawadi Tamim, saat dikonfirmasi Tempo, Selasa 19 November 2013.

Indrawadi tidak mau menjelaskan perubahan sikap Dewan Pengawas yang sebelumnya membatalkan rencana pemecatan direktur pada 23 Oktober lalu. Bahkan kala itu jabatan empat direktur itu diperpanjang hingga Desember ini karena terkait dengan pembahasan anggaran TVRI tahun depan di DPR.

Rencana pemecataan itu sudah disampaikan Dewan Pengawas ke direktur pada 23 September lalu dan memiliki masa sanggah sebulan kemudian. Menjelang masa sanggah itulah, Irwan dan Erwin–keduanya berasal dari swasta–yang sebelumnya mengajukan pengunduran diri mencabut lagi surat pengunduran diri yang sudah disampaikan ke Dewan Pengawas. Irwan pernah mengatakan tak akan membela diri atas pemecatan itu. »Saya mungkin cocoknya di televisi swasta,” katanya.

Mereka dipecat setelah TVRI menyiarkan secara penuh acara konvensi Partai Demokrat selama 2,5 jam pada 15 September lalu. (Baca: Empat Direktur TVRI Batal Dipecat Bulan Ini)

direktur TVRI dipecat

Namun, Dewan Pengawas beralasan mereka dipecat karena kinerjanya tak membaik. Rencana pemecatan itu berbuntut panjang. Kepada Komisi Komunikasi Dewan Perwakilan Rakyat, direktur »mengadukan” tingkah anggota Dewan Pengawas yang dinilai kerap mencampuri urusan yang menjadi kewenangan direksi. Seperti mengganti atau mengangkat manajer, general manajer, kepala stasiun TVRI di daerah, dan memutuskan proyek di TVRI.

Komisi Komunikasi bahkan berencana membentuk Panitia Kerja TVRI untuk menelisik masalah yang membelit TVRI dan merekomendasikan solusi. Tapi sebelum panitia kerja ditentukan ketua dan anggotanya, Dewan Pengawas memecat direksi.

Irwan dan Erwin belum bisa diminta tanggapan atas pemecatan kali ini. Dihubungi lewat telepon dan dikirimi pertanyaan lewat telepon genggam tak membalas.

Demikianlah informasi mengenai Dewan Pengawas Resmi Pecat Empat Direktur TVRI.

Sumber: Tempo.com

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − eight =