by

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai.

Tidak seperti biasanya yang dimulai akhir Agustus, kali ini kompetisi The BOBs baru akan dimulai pada tanggal 7 Desember 2009. Sementara pengumuman pemenang akan dilaksankan pada tanggal 15 April 2010 dalam konferensi internet terbesar di Jerman re:publica’10 di Berlin.

Perubahan jadwal ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan, salah satunya adalah keinginan untuk lebih meningkatkan komunikasi diantara para bloger dan untuk mendukung jaringan blogosphere di seluruh dunia.

re:publica’10, yang merupakan konferensi mengenai blog, media sosial dan komunitas digital, akan digelar untuk ke empat kalinya, 14-16 April di Berlin.

Pada tahun 2009 ini, untuk pertama kalinya, para pemenang The BOBs berkesempatan datang di Bonn untuk menerima secara langsung penghargaan dalam acara Deutsche Welle Global Media Forum. Dan untuk terus meningkatkan pertukaran info dan ide diantara para blogger sendiri dan juga dengan para profesional media, para pemenang The BOBs kali ini juga akan diundang menghadiri Global Media Forum pada bulan Juni 2010 di Bonn, Jerman.

The BOBs menanti partisipasi Anda dalam ajang kompetisi blog internasional The BOBs ke-6 ini. Apakah blog favorit Anda telah terdaftar di Blogopedia? Jika sudah, sampai tanggal 14 Februari 2010, Anda dapat mengusulkannya untuk ikut dikompetisikan. Cuma weblog, podcast dan videoblog yang diproduksi atau ditulis dalam Bahasa Arab, Bengali, Cina, Jerman, Inggris, Prancis, Indonesia, Persia, Portugis, Rusia atau Spanyol saja yang boleh ikut serta dalam The BOBs.

The BOBs kali ini hadir dengan satu kategori khusus, Special Topic Award Climate Change. Dalam kategori ini akan dipilih blog atau podcast terbaik yang mengulas masalah perubahan iklim.

SEBELUM MEMBACA LEBIH LANJUT, JANGAN LUPA BERKUNJUNG, MEMBERI KOMENTAR, MENGUSULKAN DAN VOTING TERHADAP BLOG INI DI SINI

KATEGORI LOMBA:
Best Weblog
Hanya weblog yang memiliki pendekatan yang menarik dan unik terhadap tema, desain, dan gaya penulisan yang akan dinobatkan menjadi weblog terbaik di dunia.

Best Podcast
Dalam kategori ini The BOBs menyeleksi audio-podcast terbaik. Podcast harus diperbaharui secara periodik dan menyediakan layanan untuk berlangganan melalui Feed.

Best Videoblog
Kategori ini mencakup baik videoblog (atau juga disebut Vlogs) maupun video-podcast. Yang terpenting, setiap peserta harus memproduksi sendiri video yang ditampilkan, dan diperbaharui secara berkala.

Special Topic Award Perubahan Iklim
Tema untuk kategori ini berubah setiap tahunnya. Untuk edisi kali ini, The BOBs akan memilih satu blog, podcast atau videoblog yang mengangkat tema perubahan iklim. Perubahan tema merupakan topik bahasan utama dalam Deutsche Welle Global Media Forum, yang akan diselenggarakan di Bonn, 21 sampai 23 Juni 2010.

Penghargaan Reporter Lintas Batas
Bersama organisasi Reporter Lintas Batas, penghargaan ini didedikasikan untuk blog yang aktif memperjuangkan kebebasan berpendapat di seluruh penjuru dunia.

Blogwurst Award
Aneh, absurd, dan sedikit gila. Dalam kategori ini cuma blog yang mampu mengguncang, membuat tertawa atau bahkan blog yang mengungkap tema yang kasar sekalipun, berkesempatan membawa pulang penghargaan Blogwurst Award ini. Tapi jangan senang dulu, setiap blog yang berkompetisi dalam kategori ini harus benar-benar ‘berbeda’.

Best Weblog menurut Bahasa
Dalam kategori ini kami menyeleksi blog terbaik untuk masing-masing bahasa. Perhatian khusus akan diberikan kepada setiap blog yang memiliki kontribusi terhadap terselenggaranya diskusi umum melalui berbagai komentar dan analisis tentang situasi aktual yang terjadi di sekitarnya.

Best Weblog dalam katagori menurut bahasa terdiri dari:

Best Weblog / Bahasa Arab
Best Weblog / Bahasa Bengali
Best Weblog / Bahasa Cina
Best Weblog / Bahasa Jerman
Best Weblog / Bahasa Inggris
Best Weblog / Bahasa Perancis
Best Weblog / Bahasa Indonesia
Best Weblog / Bahasa Persia
Best Weblog / Bahasa Portugis
Best Weblog / Bahasa Rusia
Best Weblog / Bahasa Spanyol

PARA JURI.

Deutsche Welle International Weblog Award didampingi oleh juri internasioanl dari kalangan wartawan independen, pakar media dan pakar weblog. Tugas berat yang mereka emban adalah menentukan nominasi dari blog yang telah terdaftar dan juga menentukan pemenang.

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 1

Ai Weiwei

Di dunia internasional Ai Weiwei tidak saja terkenal sebagai seniman Cina akan tetapi juga sebagai seorang blogger besar. Secara teratur dalam blognya, ia mengomentari kehidupan sosial di Cina dan juga mengenai hak-hak warga sipil. Setelah gempa besar pada bulan Mei 2008 di Provinsi Sichuan, pemerintah Cina menolak untuk mempublikasikan identitas sekitar 5000 siswa sekolah yang menjadi korban. Ai Weiwei lalu tergerak untuk mengungkapkan hal ini. Hasil dari penyelidikannya serta nama-nama korban yang berhasil diperoleh, ia publikasikan dalam blognya. Karena aksinya ini, Ai Weiwei pernah diserang secara fisik oleh aparat pemerintah. Sejak bulan Mei 2009 blog miliknya diblokir di Cina dan hanya dapat diakses melalui web host asing.
Blog: Ai Weiwei

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 2

Amira Al Husseini

Sejak tahun 1991, Amira Al Husseini bekerja sebagai kolumnis, editor dan penerjemah untuk berbagai media cetak. Tahun 2004 ia memulai blognya. Dan dua tahun kemudian ia bergabung dengan Global Voices dan mengepalai bidang Afrika Utara dan Timur Tengah. Tahun 2008 ia mengepalai Voices without vote, satu proyek Global Voices yang dibiayai oleh reuters. Proyek ini mengumpulkan pendapat dan reaksi para blogger dan jurnalis warga di negara-negara Arab atas Pemilu Amerika Serikat. Amira Al Husseini juga merupakan editor berita Bahhrein Telegraph.
Site: Amira Al Husseini at Global Voices

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 3

Budi Putra

Sebelum menjadi Country Editor Yahoo! Indonesia pada bulan Oktober 2009, Budi Putra merupakan penulis artkel bidang teknologi dan seorang blogger profesional. Sebelum terjun ke dunia blog, ia bekerja sebagai editor majalah Tempo, yang pada masa Soeharto sempat dibredel. Budi Putra juga merupakan pendiri blog berbahasa Inggris Asia Blogging Network. Di luar aktivitasnya sebagai blogger, Budi Putra juga telah menerbitkan banyak buku mengenai internet dan teknologi digital.

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 4

Claire Ulrich

Dibesarkan di Afrika Barat dan Tengah. Setelah 20 tahun mengumpulkan pengalaman kerja sebagai jurnalis di media cetak dan TV, akhirnya pada tahun 2004 ia terjun sebagai jurnalis warga. Karena komitmennya di Ohmnynes, ia dipercaya untuk mengurus edisi Prancis Global Voices. Sebagai jurnalis dan ahli linguistik, Claire Ulrich juga memberi perhatian besar terhadap tool penerjemahan, kebebasan berpendapat di internet dan juga kompetensi internet di negara-negara berkembang.
Site: Global Voices

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 5

Farnaz Seifi

Wartawati asal Iran ini juga merupakan pembela hak azasi perempuan dan penulis blog. Lebih dari lima tahun ia mengaktifkan diri dalam gerakan perempuan, sosial dan cyber-feminism. Ia telah bekerja untuk beberapa harian dan situs feminis di Iran. Seife merupakan salah satu pendiri „Zanestan“, majalah feminis pertama di Iran.
Blog: Farnaaz

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 6

Jens Berger

Seorang jurnalis lepas dan blogger politik. Blognya “Der Spiegelfechter” merupakan salah satu blog politik berbahasa Jerman yang paling banyak dibaca. Dalam blognya dan juga dalam artikelnya pada majalah online “Telepolis” dan “der Freitag”, Jens Berger terutama membahas mengenai konsep altenatif bagi ekonomi dan politik dan juga menuntut keterbukaan dalam politik.
Blog: Der Spiegelfechter

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 7

Lucie Morillon

Lucie Morillon merupakan kepala Bagian Kebebasan di Internet dari organisasi Reporter Without Borders di Paris. LSM ini memperjuangkan kebebasan pers di seluruh dunia serta juga mendukung dan membantu para wartawan dan blogger yang dipenjarakan. Sejak tahun 2000, Lucie Morillon merupakan salah seorang koordinator internasional dalam pembangunan seksi nasional organisasi ini di negara-negara lain. Lima tahun terakhir, ia mewakili Reporter Without Borders di Amerika Serikat.
Situs: Reporter Lintas Batas

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 8

Mark Glaser

Editor senior “PBS MediaShift” serta “PBS Idea Lab”. Mark Glaser juga menulis untuk “The Online Publishers Association” dalam rubrik dwimingguan OPA Intelligence Reports. Wartawan lepas kawakan ini banyak menulis kolom mengenai hip-hop, resensi video games, cerita perjalanan dan artikel sindiran mengenai kedigjayaan bisnis IT, terutama untuk Online Journalism Review.
Blog: Mediashift

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 9

Rosana Hermann

Rosana Hermann merupakan seorang penulis buku, penulis skenario, moderator TV dan salah satu blogger yang paling terkenal di Brasil. Pada tahun 2008 ia meraih penghargaan The BOBs untuk kategori Best Weblog Portugis. Ia menyelesaikan kuliah sisika nuklir dan jurnalis. Saat pernah bekerja untuk televisi SBT, Rede Globo and Band di Brasil. Saat ini ia menjabat direktur produksi dan kreativitas pada R7, salah satu portal internet terbesar di Brasil.
Blog: Querido Leitor

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 10

Rustem Adagamow

Merupakan blogger dan wartawan foto yang terkenal di Rusia. Awal perkenalannya dengan blog ialah ketika ia sedang melakukan kunjungan kerja di Norwegia pada tahun 1996. Menulis blog kala itu merupakan satu hobi baginya untuk mengisi malam-malam yang panjang di Norwegia. Sekarang, blog miliknya merupakan salah satu blog terpopuler di Rusia. Rustem Adagamov jjuga bekerja pada SUP, yang mengoperasikan platform blog Rusia terkemuka, Livejournal.com. Di luar komunitas blogger, nama Rustem mulai dikenal ketika pada musim panas 2009 ia menjadi satu-satunya fotografer yang mendapingi tim penyelamat dalam kecelakaan PLTA terbesar Rusia. Tidak lama setelah ia mempublikasikan foto liputannya, ia diundang dalam acara Reporter-Pool di Kremlin.
Blog: drugoi

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 11

Syeda Gulshan Ferdous Jana

Salah seorang pendiri “somewhere in…”, komunitas bog Bahhasa Bengali pertama dan terbesar di dunia, yang juga sebagai hoster bagi para blogger untuk dapat menulis dalam huruf Bengali. Syeda Jana memiliki 12 tahun pengalaman di bidang IT Bangladesh. Saat ini, ia mengepalai bidang kolaborasi dan palayanan user di “somewher in…”. Blog miliknya diaktualisasi setiap hari dan iapun memiliki hubungan dekat dengan komunitas blognya. Jana Syeda yakin, bahwa komunitas blog merupakan satu potensi besar dalam pembangunan masyarakat di negara-negara berkembang.
Site: Somewhere in…

Deutsche Welle: The BOBs Kembali Dimulai. 12

Vanina Berghella

Wartawati dan blogger dari Argentina ini, dalam blognya La Propaladora, salah satu blog paling terkenal di negaranya, menulis tema mengenai media, jurnalisme, internet dan blog. Ia juga merupakan salah seorang pendiri komunitas blog terbesar di Argentina, Clarin Blogs, yang saat ini ia pimpin.
Blog: La Propaladora

JADWAL.
Ajang kompetisi The BOBs kali ini diselenggarakan dalam tiga tahap. Dimulai tanggal 07.12.2009 sampai 14.02.2010, Anda dapat mengajukan weblog favorit Anda untuk ikut dikompetisikan. Dari seluruh blog yang diajukan, para Juri, yang terdiri dari wartawan independen, pakar media dan pakar weblog, akan menominasikan 11 weblog untuk setiap kategorinya.

Antara tanggal 15 Maret sampai 14 April, Anda dapat memberikan suara bagi satu weblog melalui voting online. Pada bulan April, para juri akan bertemu di Berlin untuk memutuskan pemenang penghargaan juri.

Para pemenang akan diumumkan di Berlin pada tanggal 15 April 2010 dalam konferensi internet terbesar di Jerman re:publica.

Acara penyerahan penghargaan bagi pemenang diselenggarakan dalam acara Deutsche Welle Global Media Forum di Bonn, tanggal 22 Juni 2010.

07.12.2009-14.03.2010:
PENDAFTARAN dan NOMINASI

Pendaftaran (07.12.2009 bis 14.02.2010):

Kompetisi The BOBs dimulai tanggal 07 Desember 2009. Dengan formulir yang telah disediakan, Anda dapat mendaftarkan weblog untuk dikompetisikan dalam 17 kategori yang ada. Pendaftaran ditutup tanggal 14 Februari 2010.

Setiap Orang Dapat Berpartisipasi

Setiap orang dapat mendaftarkan weblog favoritnya untuk disertakan dalam kompetisi. Akan tetapi kompetisi ini tertutup bagi weblog karyawan Deutsche Welle dan juga bagi weblog anggota juri. Setiap orang dapat mendaftarkan weblog sebanyak-banyaknya.

Pendaftaran Ganda Dapat Terjadi

Satu weblog mempunyai kemungkinan terdaftar lebih dari satu kali. Berapa sering satu weblog didaftarkan orang, menjadi bahan pertimbangan juri dalam penilaian. Walupun demikian hal ini tidak berarti bahwa satu blog yang sering terdaftar akan otomatis dinominasikan.

Sebelas Bahasa

Bahasa yang dikompetisikan adalah: Arab, Bengali, Cina, Jerman, Inggris, Indonesia, Prancis, Persia, Portugis, Rusia dan Spanyol. Untuk kategori Best Weblog, Best Videoblog, Best Podcast, Blogwurst Reporter Lintas Batas dan Special Topic Award, Anda dapat mendaftarkan blog berbahasa salah satu dari 11 bahasa yang dikompetisikan. Untuk kategori Best Weblog/Bahasa, hanya weblog yang sesuai dengan kategori bahasa yang akan dikompetisikan.

Pemeriksaan Blog Yang Diusulkan

Semua blog yang didaftarkan terlebih dahulu akan diperiksa, apakah memenuhi Syarat Keikutsertaan atau tidak, sebelum dimasukan dalam daftar. Kami mempunyai wewenang untuk tidak memasukan blog dalam daftar atau bahkan menghapus blog yang didaftarkan. Kompetisi ini tertutup sama sekali bagi blog yang mengandung unsur penghinaan, rasial, pelecehan, diskriminasi atau p*rnografi. Hal ini juga berlaku bagi weblog yang memiliki link yang berisikan butir-butir tersebut di atas.

Perubahan Redaksionil

Juri memiliki wewenang untuk membuat perubahan, seperti keterangan singkat atau pilihan rubrik dari blog yang didaftarkan. Blog yang telah disetujui dan masuk dalam daftar dapat dilihat menurut kategorinya.

Pembatalan Pendaftaran

Jika pemilik blog yang telah masuk daftar berkeberatan blognya untuk diikutkan dalam kompetisi, penarikan blog dari kompetisi dapat diajukan melalui Formular Kontak. Jika sampai tahap nominasi kami tidak menerima pengajuan pembatalan, baik dari pemilik blog ataupun yang mendaftarkan blog tersebut, maka kami berhak untuk mendokumentasikan, mengarsipkan dan mempublikasikan blog tersebut.

Tahap Nominasi (15.02 – 14.03.2010)

Dimulai tanggal 15 Februari sampai 14 April 2010, para juri, yang terdiri dari wartawan independen, pakar media dan pakar weblog, akan memilih 11 nominasi dari setiap kategori.

15.03.2010 – 14.04.2010: TAHAP VOTING

Seluruh blog yang dinominasikan akan ditampilkan dalam Screenshot, link dan fitur pendek diurut menurut kategori. Semua weblog yang dinominasikan ini memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang pilihan pengguna internet, melalui voting online. Dalam tahap ini, para juri juga akan menentukan pemenang untuk setiap kategori.

Penghargaan Publik dan Voting

Dari tanggal 15 Maret sampai 14 April 2010, pengguna internet memiliki kesempatan untuk memilih weblog nominasi dan memberikan suaranya dalam voting. Kode yang tertera dalam formular voting akan menghindari pemberian lebih dari satu suara dari satu pengguna internet.

Penghargaan Juri

Para juri akan berkumpul pada bulan April di Berlin untuk menentukan pemenang dalam setiap kategorinya.

15.04.2010:
PENGUMUMAN PEMENANG DAN PENYERAHAN PENGHARGAAN

Seluruh pemenang The BOBs, Best of The Blogs, akan diumumkan pada tanggal 15 April 2010 di Berlin.

Acara penyerahan penghargaan bagi pemenang diselenggarakan dalam acara Deutsche Welle Global Media Forum di Bonn, tanggal 22 Juni 2010.

Pemenang

Para pemenang pilihan juri akan diundang ke Jerman untuk menghadiri Deutsche welle Global Media Forum (21 – 23 Juni 2010). Sementara weblog pemenang pilihan publik mendapat penghargaan dalam bentuk virtuel.

(Sumber: Deutsche Welle, The BOBs)

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + one =