Destinasi yang Wajib dikunjungi di Kepulauan Karimun Jawa

Ternyata di Pulau Jawa menyimpan banyak sekali tempat yang menarik dikunjungi. Yang menyuguhkan pesona keindahan baik wilayah daratnya maupun lautnya. Salah satu tempat yang mempunyai keelokan darat dan laut di Pulau Jawa ialah Kepulauan Karimun Jawa. Siapapun yang berlibur di Karimun Jawa pasti akan ketagihan ingin datang lagi. Tempatnya cocok bagi yang ingin melepaskan kepenatan, olahraga, atau kegiatan lainnya.

Karimun Jawa terletak di Laut Jawa dan masih termasuk dalam wilayah kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Menurut sejarah, Karimun Jawa pertama kali ditemukan oleh Sunan Muria yang saat itu sedang prihatin dengan kenakalan putranya, Amir Hasan. Karena Sunan Muria berusaha menyadarkan sang putra, beliau memerintahkan Amir Hasan untuk hijrah ke sebuah pulau yang tampak ‘kremun-kremun” atau kabur dari puncak Gunung Muria. Sunan Muria bermaksud agar anaknya Amir Hasan bisa memperdalam serta mengembangkan ilmu agama yang dimilikinya. Nah, karena tampaknya “kremun-kremun” dan terletak di Pulau Jawa makanya Pulau itu disebut dengan Pulau Karimun Jawa.

Sekarang sudah sedikit tahu tentang Karimun Jawa, pasti masih ada rasa penasarankan seperti apa sih jika berlibur kesana? Nah, berikut kami uraikan beberapa tempat yang wajib dikunjungi dan aktifitas apa saja yang bisa dilakukan apabila anda ke Karimun Jawa.

Pulau Karimun Jawa
Pulau Karimun Jawa (Gambar: Wikipedia)

Menginap sambil menikmati suasana laut

Sesampainya di Karimun Jawa pertama kali yang harus anda lakukan ialah mencari tempat menginap. Di Karimun Jawa terdapat banyak varian model penginapan dengan harga yang variatif tentunya. Tetapi jika liburan anda lebih mengesankan cobalah menginap di penginapan apung, selain sebagai tempat istirahat, anda juga dapat menikmati suasana laut. Penginapan apung merupakan jenis penginapan yang letaknya ada di atas air laut. Karena di Karimun Jawa banyak penginapan apung, maka anda bisa memilih mana yang tepat untuk menghabiskan masa liburan.

Bermain-main dengan Hiu Pulau Menjangan Besar

Ikan hiu terkenal buas dan ganas, tetapi jika anda berkunjung ke Pulau Menjangan Besar akan menemukan beberapa hiu yang baik hatinya. di Pulau Menjangan Besar ada kolam penangkaran hiu dan di kolam tersebut anda dapat berenang serta bermain dengan para hiu yang sudah jinak. Blacktip Reef Shark merupakan jenis hiu yang ada di kolam tersebut yaitu hiu yang hidup di perairan dangkal. Dapat berenang atau bermain-main dengan hiu pasti menambah keasyikan liburan anda.

Diving di bangkai kapal tenggelam Pulau Kemojan

Cara lain menikmati pemandangan bawah bahari di perairan Karimun Jawa, selain snorkeling yaitu dengan menyelam atau diving. Terdapat satu titik penyelaman di perairan Karimun Jawa yang menyajikan pemandangan tidak biasa yaitu berupa bangkai kapal. Titik diving ini terdapat di Pulau Kemojan. Kapal tersebut dulunya merupakan kapal pengangkut batu bara pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Berenang mengelilingi bangkai kapal tersebut menambah pengetahuan anda tentang sejarah dan juga menikmati pemandangan bawah laut Karimun Jawa eksotis.

Menikmati pemandangan sunset terindah di Pantai Ujung Gelam

Terdapat beragam pantai indah di Kepulauan Karimun Jawa. Semuanya mempunyai pasir putih dengan ombak yang sangat hening. Satu diantara banyak pantai yang telah menjadi favorit para traveler yang mengunjungi Karimun Jawa ialah Pantai Ujung Gelam.

Pantai Ujung Gelam bukan hanya memperlihatkan pemandangan laut yang indah beserta air lautnya yang berwarna biru toska dan pasir putihnya yang lembut pula. Pantai ini juga mempunyai pemandangan sunset yang luar biasa berbeda jika melihat dari pantai lainnya. Ketika hari sudah mulai petang, sang suryapun akan nampak berbentuk bulat dan kecil tepat berada di atas garis horison. Pantai Ujung Gelam ini terletak di Pulau Karimun Jawa.

Selfie di Bukit Love

Disebut Bukit Love karena di daerah ini terdapat sebuah tugu bertuliskan kata “Love”. Bila berada di atas bukit ini anda dapat menyaksikan pemandangan laut di sekeliling Karimun Jawa. Ketika senja, pemandangan sunset dari bukit inipun tak kalah spektakulernya.

Bukit Love merupakan daerah favorit bagi pasangan muda yang sedang menghabiskan waktu liburan bersama di Karimun Jawa. Bukit ini terletak di dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa. Aktivitas yang paling menarik yang bisa dilakukan di bukit ini, apalagi kalau bukan selfie bersama pasangan.

Gravatar Image

Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Gravatar Image

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Destinasi yang Wajib dikunjungi di Kepulauan Karimun Jawa Post in | Last updated: August 3rd, 2016 - 20 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =