by

Cara Penanganan Jika Tersedak Jarum Pentul Atau Duri Ikan

Tenggorokan merupakan jalur utama lewatnya udara pernafasan ke paru–paru. Bila terdapat benda asing yang tersangkut di tenggorokan, tentunya akan menjadi masalah besar. Benda asing yang cukup besar, seperti duri ikan atau jarum pentul, dapat menyebabkan tersumbatnya laring yang merupakan area terdapatnya pita suara. Jika laring tersumbat, maka akan mengakibatkan aliran udara ke paru–paru terhambat. Kemudian, kita akan sulit bernafas.

Kasus tersedak jarum pentul sering dialami oleh perempuan berhijab. Ketika mereka mengalami sesak nafas akibat jarum pentul, dokter menyarankan untuk menggunakan manuver Heimlich untuk menolongnya. Yaitu, dengan memposisikan korban untuk duduk atau berdiri. Kemudian, berdirilah di belakang tubuh korban dan berikan pukulan atau dorongan ke bagian punggung korban dengan dasar telapak tangan.

Cara Penanganan Jika Tersedak Jarum Pentul Atau Duri Ikan
Cara Penanganan Jika Tersedak Jarum Pentul Atau Duri Ikan (Ilustrasi/wikipedia)

Jika keadaan masih tidak berubah, maka kita beralih ke cara kedua.

  1. Llingkarkan tangan kita pada area perut korban dan buat kepalan tangan menggunakan tangan yang dominan atau kuat.
  2. Letakkan kepalan tangan kita di atas perut di bawah tulang dada.
  3. Urut–urut menggunakan kepalan tangan kita ke arah dalam dan ke atas dengan cepat dan kuat. Hal ini bertujuan untuk memberikan tekanan dan diharapkan agar jarum pentulnya bisa segera keluar.

Upaya–upaya di atas harus segera dilakukan saat korban mengalami tersedak. Agar tubuh korban tidak kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan masalah yang fatal. Otak yang kekurangan oksigen bisa terjadi kerusakan hanya dalam hitungan menit. Kita ketahui bahwa otak merupakan organ paling vital bagi tubuh. Oleh karena itu, kita harus menjaga agar organ ini tetap menjalankan fungsinya.

Jika jarum pentul masuk di saluran pernafasan bawah, mungkin tidak terjadi masalah yang fatal. Hanya saja, ujung jarum yang lancip dan tajam bisa merobek organ–organ yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan pembuluh darah. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan organ dan pendarahan. Infeksi yang ditimbulkan oleh jarum pentul dapat menyebabkan penyakit pneumonia, demam tinggi dan sepsis yang dapat berakhir dengan kematian.

Jika kemasukan benda asing, sebaiknya segera cek ke rumah sakit. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pemotretan dengan sinar X ataupun CT-scan. Selanjutnya, dokter akan mengeluarkan benda asing tersebut menggunakan alat bronkoskop fleksibel. Alat bronkoskop merupakan alat dengan selang fleksibel yang disertai kamera mikro dan alat khusus yang berfungsi untuk menarik benda asing. Untuk benda–benda asing yang relatif besar, dokter menggunakan alat bronkoskop rigid.

Untuk penanganan ketika tersedak duri ikan lebih mudah dilakukan daripada tersedak jarum pentul. Korban cukup berupaya sendiri dengan menelan langsung nasi padat. Duri ikan umumnya tersangkut di tenggorokan bagian belakang yaitu dinding faring.

Jika benda asing masuk sampai ke lambung, maka kita hanya bisa menunggunya keluar bersama kotoran. Namun, alangkah lebih baik untuk meminta bantuan medis agar terhindar dari hal–hal yang lebih buruk.

Demikianlah Cara Penanganan Jika Tersedak Jarum Pentul Atau Duri Ikan, semoga bermanfaat.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- akibat jika tersedak jarum pentul - cara agar teehindar tersedak - cara mengeluarkan duri ikan ketika tersedak - dampak dari duri ikan yang masuk ke aliran darah - jika duri masuk dalam darah - kemasukan duri ikan nama medis

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 14 =