by

Cara Nikmat Menurunkan Kolesterol Dengan Konsumsi Jamur

Selain menjadi santapan yang nikmat, ternyata jamur memiliki khasiat lain sebagai obat kolesterol herbal. Jamur memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol. Tentu hal ini menjadi angin segar tersendiri bagi para pemilik kadar kolesterol tinggi. Pengobatan yang biasanya cukup menyiksa diri dan kesenangan, dengan adanya jamur cukup membuat usaha menekan kadar kolesterol bisa dilakukan dengan cara yang cukup nikmat. Jadi, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba alternatif baru ini.

Menurunkan kolesterol dengan konsumsi jamur
Menurunkan kolesterol dengan konsumsi jamur (Ilustrasi)

Kandungan Manfaat dalam Jamur

Kandungan gizi yang ada pada jamur cukup baik, jumlahnya juga tergantung pada tempat tumbuh dan jenisnya. Rata-rata, jamur memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai berikut:

  • Protein sebanyak 19 – 35% yang jauh lebih tinggi dibanding dengan beras dan gandum yang tidak mencapai 15%.

  • 9 dari 20 jenis asam amino terdapat dalam jamur.

  • Lemak dalam jamur hanya 30% yang jenuh. Sedangkan 70% sisanya adalah lemak tak jenuh.

  • Berbagai jenis vitamin, antara lain B1, B2, B3, B5, B6, B9, Vitamin D, dan vitamin A.

  • Dalam jamur terdapat banyak sekali jenis mineral seperti K, P, Ca, Na, Mg, dan juga Cu.

  • Kandungan serat yang tinggi mulai 7,4% – 24,6%

  • Jumlah kalori di dalamnya sangat rendah, sehingga cocok bagi para pelaku diet terutama menurunkan kolesterol.

Sebenarnya jamur memiliki banyak sekali jenis dan semua jenis jamur memiliki manfaatnya sendiri dalam menurunkan kolesterol. Namun yang biasa digunakan adalah jamur tiram. Dalam jamur tiram terdapat berbagai macam asam amino esensial, lemak tak jenuh, mineral, dan vitamin. Kandungan yang paling penting dalam jamur tiram sebenarnya adalah statin. Statin berfungsi sebagai penghambat metabolisme kolesterol dalam tubuh manusia. Hal inilah yang mendasari mengapa jamur memiliki peran yang bagus dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Rasa Nikmat Kaya Manfaat

Pasti banyak dari kita yang belum terbiasa dengan jamur untuk dikonsumsi secara rutin dan takut akan terjadi kejenuhan. Tenang saja, karena jamur dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang sangat nikmat. Dalam diet menurunkan kolesterol dengan jamur, Anda bisa memasaknya menjadi tumis lezat dan dengan bumbu yang praktis. Masakan ala barat seperti omelet, kaserol, gratin, saute, dan bahkan pizza bisa Anda buat dengan menggunakan bahan utama jamur.

Mengenai rasa, tentu Anda tak perlu khawatir bila mengonsumsi jamur secara rutin untuk menurunkan kolesterol akan merubah selera makan Anda. dengan pengolahan yang benar dan tepat, rasa berbagai jenis jamur untuk kolesterol bisa menyerupai daging sapi ataupun ayam. Untuk menambah variasi jamur, Anda juga dapat mengonsumsi jamur yang sudah dikeringkan karena di dalamnya masih terdapat 8%-10% serat.

Pola Hidup Sehat Harus Tetap Berjalan

Meski baik dalam menurunkan kolesterol, namun Anda tidak bisa serta merta hanya mengonsumsi jamur saja. Pengobatan kolesterol yang benar juga harus Anda lakukan seperti dengan tetap menjaga pola makan yang baik, juga melakukan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga setiap hari juga mengonsumsi banyak air putih. Olahraga paling praktis yang bisa Anda rutin lakukan adalah dengan berjalan ataupun berlari. Yang terpenting dalam olahraga adalah bagian-bagian tubuh Anda gerak. Jadi jangan berfikir berolahraga harus melakukan gerakan-gerakan yang berat.

Sumber:

http://www.dream.co.id/fresh/selain-nikmat-jamur-bisa-turunkan-kolesterol-150220n.html, http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/jenis-vitamin-dalam-jamur.html, http://www.timlo.net/baca/23085/jamur-tiram-mampu-turunkan-kolesterol/

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- jamur tiram menurunkan kolesterol - Jamur tiram kolestr - jamur tiram buat kolesterol - cara mengolah jamur tiram utk colesterol - cara mengolah jamur tiram sebagai obat kolesterol - cara memasak jamur tiram buat kolesterol - cara masak jamur untuk kolesterol - Cara Jamur Tiram Bisa Menurunkan Kolesterol - cara enak masak jamur tiram untuk kolesterol - apakah jamur bikin koleatrol

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 10 =