by

Cara Merawat Kulit / Wajah Sensitif

5/5 (1)

Cara Merawat Kulit  Wajah Sensitif – Merawat kulit terutama wajah tidak boleh sembarangan apalagi yang punya kulit sensitif, terutama jika Anda ingin mencoba produk perawatan yang baru, Anda perlu mengetahui kiat-kiatnya.

Sebetulnya seperti apa kulit sensitif itu? Bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa jenis kulit kita termasuk jenis kulit yang sensitif dan seperti cara merawat wajah yang sensitif itu? Simak penjelasan berikut ini.

Pertama, konsultasikan dan tanyakan pada dokter kulit tentang kondisi serta jenis kulit Anda. Ini adalah cara paling efektif dan akurat untuk memastikan kondisi dan jenis kulit Anda. Menurut para ahli dermatologis, jenis kulit sensitif dicirikan dengan tanda-tanda seperti berikut jerawat, kulit kemerahan, gatal, perih, dan kadang kulit terasa kering.

Penyebab Kulit Sensitif

Berbagai reaksi yang terjadi pada kulit sensitif timbul disebabkan oleh berbagai faktor seperti alergi atau memiliki masalah kulit yang berkaitan dengan sistem imun (dermatitis/eczema, rosacea, dan lainnya), kondisi kulit yang terlalu kering yang cenderung membuat kulit jadi iritasi, terlalu sering terpapar sinar matahari yang panas maupun udara dingin sekalipun.

Cara Mengetahui Produk yang Cocok Untuk Kulit Sensitif 

Saat akan mencoba suatu produk perawatan ada beberapa trik untuk mengetahui reaksi alergi yang akan terjadi pada kulit seperti aplikasikan produk tersebut di belakang telinga dan biarkan semalaman. Jika tidak mengalami iritasi, coba oleskan sekali lagi pada kulit sekitar mata tipis-tipis dan liat apakah ada reaksi alergi atau tidak. Jika tidak muncul iritasi pada kulit wajah, maka produk tersebut bisa Anda gunakan. Hindari produk-produk yang mengandung anti-bakeri, alkohol, retinoid,alpha-hydroxy acids. Pilih produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam rutinitas perawatan wajah harian bagi yang memiliki kulit yang sensitif, seperti berikut ini:

    1. Pilih sabun pembersih yang tidak mengandung parfum, harsh detergents, dan yang soap-free.
    2. Segera setelah membersihkan wajah, lembabkan wajah dengan pelembab khusus kulit sensitif untuk mengembalikan kelembaban kulit.
    3. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 dan broad spectrum protection yang mana mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pilih tabir surya yang mengandung zinc oxide atautitanium dioxide.
    4. Untuk kulit berjerawat, pilih produk yang mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid.
    5. Konsumsi makanan sehat dan seimbang terutaman makanan yang mengandung vitamin B seperti gandum, biji-bijian, oats, dan lain-lain.

Iritasi pada wajah dan kulit bisa disebabkan oleh reaksi alergi terhadap produk skincare maupun kosmetik. Rawatlah kulit sensitif dengan produk skincare yang tepat.  (Skin.co.id)

Demikianlah artikel mengenai Cara Merawat Kulit  Wajah Sensitif, semoga bermanfaat. Jadi jika ingin mencoba produk perawatan yang baru, Anda perlu berhati-hati terutama untuk wajah cantik Anda.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575