by

4 Cara Mengatasi Perut Kembung Yang Penyebabnya Tak Terduga

5/5 (1)

Perut kembung biasanya ditandai dengan rasa ‘penuh’ pada perut dan jika ditepuk perut berbunyi seperti gendang.  Tahukah Anda perut kembung dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari makanan yang dipanaskan ulang hingga hormon yang bersifat fluktuatif?

Berikut ini berbagai alasan yang memicu terjadinya perut kembung dan cara untuk mengatasinya, seperti yang dikuti dari Yahoo.

Makanan yang dipanaskan ulang
Jika Anda merasa kembung setelah memakan rendang, nasi atau pasta di sebuah estoran, kemungkinan makanan tersebut sudah dipanaskan ulang dan hal itu mengubah struktur molekul makanan menjadi “pati resistan”.  Pati resistan tidak dapat dicerna di usus halus dan karenanya kemudian masuk ke dalam usus besar. Bakteri yang membantu memecah sari pati kemudian menghasilkan gas, sehingga perut menjadi kembung.

Cara Mengatasinya: Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang baru dimasak, bukan yang dipanaskan ulang. Hindari juga makanan olahan seperti makanan beku yang hanya perlu dipanaskan sebelum dimakan, karena makanan jenis ini memiliki lebih banyak pati resistan.

Hormon yang fluktuatif
Selama ovulasi, ovarium memproduksi lebih banyak hormon progesteron dan menyebabkan otot di abdomen menjadi relaks. Otot usus juga menjadi relaks, sehingga otot-otot tersebut menjadi kurang efisien dalam menyalurkan makanan. Hal ini dapat menyebabkan sembelit, sehingga kemudian memicu perut kembung.

Cara Mengatasinya: Cobalah untuk meningkatkan asupan serat ketika masa ovulasi.

Mengunyah permen karet
Ketika mengunyah permen karet Anda menelan lebih banyak udara, yang meningkatkan risiko perut kembung. Bahan pembuat permen karet tanpa gula (dan minuman tanpa gula) ternyata lebih buruk karena mengandung zat-zat seperti sorbitol dan xylitol yang akan difermentasi oleh bakteri di perut sehingga dapat juga menyebabkan perut kembung.

Stres
Terdapat hubungan yang jelas antara perut dan otak. Stres dapat membuat masalah pencernaan tersebut menjadi lebih buruk.

Ketika stres dan merasa cemas, kita menelan lebih banyak udara. Stres yang berlebihan juga menyebabkan peningkatan asam klorida di dalam usus dan perut. Peningkatan asal lambung ini dapat menyebabkan munculnya gas di dalam usus dan menyebabkan perut kembung.

Cara Mengatasinya: Cobalah untuk lebih banyak tertawa. Tertawa dapat mengurangi gas dan asam lambung. Tertawa juga merupakan penghilang stres yang sangat ampuh dan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah dan melatih otot internal.

Demikianlah artikel mengenai 4 Cara Mengatasi Perut Kembung Yang Penyebabnya Tak Terduga, semoga bermanfaat.

Comment

2 comments

Comments are closed.