by

Cara Membuat Pupuk Organik

Mungkin Anda semua sudah tahu bahwa pupuk organik adalah pupuk yang dibuat dari bahan-bahan organik atau bahan-bahan yang mudah diuraikan oleh bakteri dan mikroorganisme.

Pupuk organik biasanya dibuat dari sampah basah yang terdiri dari limbah nabati dan limbah hewani. Namun untuk limbah hewani, seperti daging, ikan, tulang, dan makanan berlemak lain, tidak bisa kita ubah menjadi pupuk organik sebab ketika kita membusukkannya kemungkinan akan muncul belatung. Sedangkan limbah yang dapat kita pakai antara lain ialah kulit telur, sisa sayur dan buah, daun dan bunga, ampas teh, ampas kopi, dan ampas jus.

Cara membuat pupuk organik
Cara membuat pupuk organik (Ilustrasi/pixabay)

Ada dua jenis pupuk organik yang dapat kita buat, yaitu pupuk cair dan pupuk padat.

Pupuk Cair

Bahan :

  1. Sisa buah dan sayur yang sudah dipotong kecil-kecil. Ampas jus, dedaunan kering, dan limbah nabati lain juga bisa kita pakai.
  2. Gula jawa atau gula pasir
  3. Sebaiknya tidak menggunakan air ledeng karena mengandung senyawa kimia yaitu kaporit.

Cara :

  1. Campur semua bahan dengan perbandingan gula : limbah : air = 1 : 6 : 30
  2. Masukkan campuran bahan ke dalam wadah kemudian tutup rapat.
  3. Aduk dan kocok campuran tadi setiap dua hari sekali. Kemudian, biarkan tutupnya terbuka selama 10 menit. Setelah itu, tutup kembali wadah secara rapat. Lakukan kegiatan ini sampai 2 minggu.
  4. Saring dan encerkan pupuk yang telah jadi dengan perbandingan air : pupuk = 10 : 1
  5. Pupuk organik cair siap digunakan.

Pupuk Padat

Bahan :

  1. Potongan-potongan limbah nabati yang telah dibersihkan dari lemak atau minyak yang menempel.
  2. Tanah atau sekam.

Cara :

  1. Buat sebuah wadah pupuk yang bagian bawahnya dilubangi. Wadah ini berfungsi sebagai komposter.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam komposter secara selang-seling antara limbah nabati dengan tanah atau sekam.
  3. Aduk dan kocok setiap empat hari sekali.
  4. Pupuk siap dipakai ketika tutup wadah sudah tidak terasa hangat, warna pupuk kehitaman atau coklat, dan tidak menggumpal.
  5. Sebelum dipakai, saring pupuk dengan tangan.

Dengan membuat sendiri pupuk organik, kita bisa lebih menghemat pengeluaran untuk pembelian pupuk, menyehatkan tanah, dan mengurangi pencemaran. Pupuk organik lebih sehat dibanding pupuk non-organik karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan penyakit dan mencemari lingkungan. Namun ketika menggunakan pupuk organik kita masih harus memperhatikan kebutuhan pupuk setiap tanaman.

 

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- cara membuat pupuk dari ampas teh - Cara membuat pupuk daun dari ampas Teh - membuat pupuk kompos ampas jus - membuat poc dari limbah teh - cara membuat pupuk organik dari ampas teh - cara membuat pupuk organik dari ampas jus - Cara membuat pupuk dari teh - cara membuat pupuk cair dengan ampas jus - cara membuat kompos ampas teh - cara buat pupuk glukosa dari sisa teh

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − eight =