by

Cara Kecerdasan Buatan, Mengubah Hidup Perkotaan di Tahun 2030

Teknologi telah mempengaruhi kehidupan kita selama bertahun-tahun. Sekarang, sebuah studi dari Stanford University telah mengungkapkan bagaimana kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dapat mengubah gaya hidup masyarakat, baik itu transportasi, pekerjaan, dan kesehatan  pada tahun 2030.

Dilansir dalam Nature World News, menurut laporan Stanford yang berjudul “Kecerdasan Buatan dan Kehidupan di tahun 2030,” akan lebih umum dan kenyataannya, sangat membantu dalam hal peningkatan perekonomian dan kualitas hidup sehari-hari.

Cara Kecerdasan Buatan, Mengubah Hidup Perkotaan di Tahun 2030
Cara Kecerdasan Buatan, Mengubah Hidup Perkotaan di Tahun 2030 (Ilustrasi/By Humanrobo (Own work) [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)
” A.I. teknologi dapat diandalkan dan luas menguntungkan. Transparan tentang desain dan penyebaran tantangan mereka akan membangun kepercayaan dan mencegah rasa takut dibenarkan dan kecurigaan , ” kata Barbara Grosz , seorang ilmuwan komputer dari Harvard dan ketua AI100 ( Seratus Tahun Studi Stanford pada Artificial Intelligence ) melalui Computer World .

Penelitian ini, mengungkapkan bahwa pada tahun 2030, kendaraan otonom akan berkeliaran di jalanan. Memesan pizza juga akan lebih efisien dengan pengiriman drone. Kecerdasan buatan juga, bisa membantu dalam memantau kejahatan dan distribusi pangan di daerah berpenghasilan rendah.

Robot tidak hanya akan digunakan untuk rumah tangga, tetapi juga berfungsi sebagai keamanan tambahan untuk rumah. Mereka juga, bisa menjadi tutor serta memberikan cara yang lebih interaktif untuk hiburan dan media.

Namun, seorang ilmuwan komputer di University of  Texas di Austin, Peter Stone, mengatakan bahwa keterlibatan tambahan kecerdasan buatan , dapat mengakibatkan kehilangan pekerjaan manusia.

“Tapi teknologi ini juga, akan menciptakan tantangan yang mendalam, mempengaruhi pekerjaan dan pendapatan serta isu-isu lain yang harus kita mulai tangani sekarang untuk memastikan bahwa manfaat dari kecerdasan buatan secara luas bersama,” pungkasnya.

Studi ini menyatakan, bahwa pekerjaan tingkat dasar seperti memindahkan gudang, menawarkan nasihat keuangan atau mengorganisir pertemuan dapat diambil alih oleh robot. Tapi, ini berarti bahwa lebih banyak pekerjaan akan terbuka di daerah lain.

Sumber Video: TEDx Talks

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =