by

Buku-buku untuk merasakan musim dingin

MEDIA MONITORING CLUB – Setiap akhir pekan, kami akan memilihkan berita-berita atau tautan terbaik soal buku dan membaca untuk Anda yang terjadi dalam sepekan terakhir.

Berita atau tautan ini bisa soal penerbitan buku baru, pernyataan atau wawancara dari seorang penulis, resensi, atau hal-hal menarik untuk merayakan asyiknya membaca.

Berikut link pilihan kami pekan ini:

Membaca “Middlemarch”
Penulis Rebecca Mead akan meluncurkan buku berjudul “My Life in Middlemarch” tentang pengalamannya membaca buku “Middlemarch” karya George Eliot di tahapan berbeda sepanjang hidupnya. Mead pertama kali membaca novel penting karya Mary Ann Evans, nama asli Eliot, saat ia berusia 17 tahun.

Di awal kehidupannya sebagai orang dewasa itu, Mead menemukan teman sehati di sosok protagonis utama novel yang terbit pertama pada 1874 itu, seorang perempuan muda bernama Dorothea Brooke. Dorothea, sama seperti Mead, adalah seorang perempuan muda yang menginginkan kehidupan substansial, berarti, dan penuh makna.

Mead menulis, “Saat saya menghabiskan waktu membaca soal Dorothea, saya ingat apa rasanya berusia 18 tahun, dan berada di awal segalanya.”

“Sebuah buku mungkin tak bisa mengatakan pada kita caranya menjalani hidup, tapi hidup kita bisa mengajarkan bagaimana caranya membaca sebuah buku,” tulis Mead lagi.

Menyambut penerbitan buku Rebecca Mead ini, kritikus Kathryn Schulz menganalisis pengaruh kuat “Middlemarch” terhadap pembacanya. Schulz menulis, “(Buku) ini adalah sebuah standar, yang sangat sulit dicapai: saat Anda tenggelam di dalamnya, buku ini juga mendiamkan semua klaim soal selera dan meyakinkan bahwa ini adalah buku terhebat yang pernah ditulis…”Middlemarch” terus-terusan membahas akan bagaimana caranya menjadi seseorang yang baik, dan ditulis dengan tujuan membuat kita semua menjadi lebih baik.”

Buku-buku untuk merasakan musim dingin 1
Bacaan musim dingin
Di negara-negara empat musim, musim panas jadi identik dengan buku yang bisa dibawa ke pinggir pantai saat berlibur. Maka muncullah istilah ‘beach reads’ — yang biasanya merujuk pada bacaan ringan dan menyenangkan. Namun, situs Flavorwire kini memperkenalkan istilah ‘snow reads’, buku-buku yang nyaman dibaca di tengah serbuan vorteks polar yang menurunkan suhu di Amerika Serikat dan Kanada sampai titik ekstrem terendah.

Bagaimana dengan kita yang berada di negara tropis? Setidaknya daftar 26 buku ini bisa membuat kita merasakan berada di suhu yang tak mungkin kita rasakan saat tinggal dekat garis khatulistiwa.

Cerita pendek
Buat Anda yang ingin membaca cerita pendek, di situs Granta, ada karya Lorrie Moore, “Thank You For Having Me” yang bisa dinikmati.

Ada juga cerita pendek dari penulis Teju Cole yang dia sebarkan dengan cara kreatif, yaitu lewat akun Twitternya. Cerpen Cole itu adalah semacam fiksi mini berseri yang ia lakukan lewat mekanisme retweet dari beberapa akun lain. Cole meminta para pemilik akun itu untuk mengirimkan tweet pesanannya, lalu akan ia retweet sehingga menjadi suatu cerita yang koheren.

Penghargaan buku
Kita tak punya banyak penghargaan buat penulis atau buku, sementara di Amerika Serikat, National Book Critics Circle atau asosiasi kritikus, penulis, blogger sastra, dan penerbit, baru saja mengumumkan finalis buku-buku pilihan mereka. Kategorinya, ada autobiografi, biografi, kritik, fiksi, nonfiksi, dan puisi. Ini daftar buku-buku yang masuk menjadi finalis tahun ini. Penghargaannya akan diberikan pada Maret nanti.

(Sumber: http://id.berita.yahoo.com/blogs/newsroom-blog/berita-buku-minggu-ini-043037015.html)

Demikianlah Buku-buku untuk merasakan musim dingin, semoga bermanfaat.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- sinopsis novel middlemarch - buku tentang musim dingin - george eliot buku - isi novel middlemarch - middlemarch sinopsis - sinopsis novel midlemarch - trilogi buku midlemarch

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =