by

Benarkah Pohon Palem Dapat Berjalan?

Seperti yang kita semua tahu bahwa pohon tidak akan pernah bisa berjalan, berlari atau bahkan berkeliaran mengelilingi halaman belakang rumah anda, namun ada sebuah pohon yang mendapatkan pengecualian yang unik yaitu sejenis pohon palem bernama Socratea Exorrhiza.

Ya, pohon yang ditemukan di Amerika Latin ini dipercaya dapat bergerak 2-3 cm setiap harinya atau mencapai 20 meter setiap tahunnya. Wow, keren kan?

Pohon palem yang bisa berjalan
Pohon palem yang bisa berjalan.
Bagaimana akar panggung yang memungkinkan untuk membetulkan posisinya setelah tanaman lain menimpanya. 1 – Pohon palem tumbuh normal. 2 – pohon palem tumbang atau ada yang menimpanya. 3 – akar panggung baru terbentuk di sepanjang batang tua dan akar asli (garis putus-putus) mulai mati. 4 – Pohon palem terus tumbuh normal tapi sekarang telah pindah dari tempat awalnya tumbuh. (Gambar: Wikipedia)

Pohon palem ini memiliki sistem akar yang rumit dan dapat berfungsi sebagai kaki. Nah, akar tersebut akan membantu Socratea Exorrhiza untuk terus berpindah tempat mengikuti sinar matahari.

Kemampuan menakjubkan Socratea Exorrhiza telah diberitahukan oleh pemandu wisata hutan hujan di Ekuador kepada pengunjung selama beberapa tahun ini dan kemampuan “berjalan” yang tidak biasa itu tampak seperti sebuah adaptasi yang mengagumkan dari sebuah pohon palem.

Seorang jurnalis bernama Sherry Seethaler telah menulis dalam bukunya yang berjudul “Curious Folks Ask 2” (2011, FT Press) tentang tanaman ini : “Screenwriters searching for the perfect B-movie plant protagonist could take inspiration from the walking palm, found in the rainforest of Central and South America. The tree slowly walks from shade to sunlight by growing new roots toward the light and allowing the old roots interfering with its wanderlust to die.”
Atau yang dapat diterjemahkan menjadi : “Penulis scenario yang sedang mencari tanaman protagonis untuk film low-budget yang sempurna dapat mengambil inspirasi dari pohon berjalan yang ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pohon yang berjalan pelan-pelan dari keteduhan ke tempat yang bercahaya dengan menumbuhkan akar baru ke tempat yang terjangkau sinar matahari dan kemudian membiarkan akar yang sudah tua untuk mati.”

Sebuah pohon yang berjalan merupakan cerita yang aneh sekaligus menarik. Namun ternyata cerita tersebut masih mendapatkan perdebatan, ya… pro dan kontra.

Pohon tersebut memang benar-benar ada dan nyata, tetapi seperti yang kita ketahui bahwa pohon tidak dapat berjalan apalagi melompat atau bahkan tidak dapat jatuh karena tersandung. Pohon akan tumbuh di tempatnya ketika ia ditanam dan akan dapat berpindah tempat ketika terkena kekuatan angin (atau alat lain ketika ditebang).

Gerardo Avalos, seorang biologis yang juga menjadi Direktur Pusat Studi Pembangunan Berkelanjutan di Atenas, Costa Rica merupakan seorang ahli top dunia yang menolak bahwa pohon palem Socratea Exorrhiza dapat berjalan.

“Makalah saya membuktikan bahwa kepercayaan pohon palem yang berjalan hanyalah sebuah mitos,” katanya kepada Life’s Little Mysteries. “Memikirkan bahwa sebuah pohon palem dapat menjejaki perubahan cahaya di langit dan kemudian bergerak perlahan di atas lantai hutan merupakan suatu dongeng yang diceritakan pemandu wisata untuk menghibur pengunjung hutan hujan.”

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- nhk Japanese monitors - keistimewaan cowok aries - kemampuan bergerak socratea exorrhiza - pohon palem apakah jika ditebang akarnya masih hidup - pohon palem ditebang apakah bisa tumbuh lagi - Pohon palm amerika

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =