by

Tips Belajar Bahasa Jepang Mudah dan Cepat

5/5 (2)

Belajar bahasa Jepang – Bahasa Jepang ialah bahasa resmi negeri sakura atau negara Jepang sebagai salah satu negara di benua Asia. Penggunaan bahasa Jepang sendiri cukup banyak diminati, mengingat kemajuan IPTEK khususnya di bidang robotika, tak sedikit pelajar dan ilmuwan yang berasal dari negara-negara lain ikut berbondong-bondong untuk belajar ke negeri Jepang. Sehingga secara otomatis pendatang yang belajar ke negeri Sakura ini harus mempelajari bahasa Jepang secara perlahan.

Di negara Indonesia sendiri, sejak masuknya penjajahan Jepang, banyak para pejabat dan pemuda yang belajar bahasa Jepang saat berkomunikasi dengan pihak perwakilan Jepang. Tak hanya itu, menurut pendapat beberapa ahli sejarah sendiri, pembagian kewilayahan dari bagian provinsi sampai kelurahan termasuk warisan dari negeri Jepang. Karena di Jepang juga mengenal pembagian kewilayahan yang mirip seperti di Indonesia, yang membedakannya hanya dilihat dari penyebutannya saja.

Belajar Bahasa Jepang Dasar Bagi Pemula

Bagi pemula yang ingin mempelajari bahasa Jepang, alangkah baiknya memulai pelajaran dengan memahami dan mengenal jenis-jenis huruf supaya bisa merangkai kata maupun kalimat dalam bahasa Jepang. Berikut pengenalan huruf dasar dari bahasa Jepang, diantaranya :

Hiragana

Huruf Hiragana ialah huruf dasar bahasa Jepang. Dalam belajar bahasa jepang sehari hari, pemula harus mempelajari berbagai macam huruf hiragana. Huruf hiragana terdiri atas 46 huruf standar, dimana bila ditambah atau dimodifikasi dengan tanda tertentu, dapat menghasilkan bunyi yang berbeda.

Contohnya :

??? = Watashi

??? = Anata

????? = Watashi Tachi

    Anda juga bisa mengunduh tabel/chart huruf hiragana di internet untuk dipelajari.

Katakana

Belajar bahasa Jepang pemula juga terarahkan lewat huruf pendukungnya, yakni katakana. Biasanya katakana dipakai untuk menulis beberapa kosakata asing, misalnya :

  • Kosakata berupa serapan bahasa asing, seperti hanbaagaa yang artinya hamburger dalam bahasa Inggris.
  • Penulisan nama tempat yang ada di luar negeri, seperti jakaruta yang berarti Jakarta.
  • Dan lain sebagainya.

Contoh lain :

Meru -??? = e-mail

Terebi -??? = TV

Bedo -??? = tempat tidur

Di samping itu, katakana bisa juga digunakan untuk penulisan kata yang ditonjolkan dan ditekankan dalam sebuah kalimat.

Kanji

Huruf yang digunakan dalam kata kata bahasa Jepang lainnya ialah huruf Kanji. Huruf kanji adalah huruf-huruf pertama dan dasar yang dibuat bangsa China. Sebenarnya huruf kanji Jepang dan China sama persis dan tak ada bedanya. Hanya saja, huruf kanji yang berlaku di negeri China sampai sekarang ialah Kanji yang sudah dimodifikasi bertujuan untuk mempermudah pelajaran. Tapi, di era yang maju seperti sekarang ini bangsa Jepang tetap membudayakan huruf kanji sesuai bentuk yang aslinya. Pembacaan satu kata kanji sendiri bisa berbeda, sesuai kebutuhan pemakaian kalimatnya. Ada dua aturan pembacaan huruf kanji, yakni onyomi dan kunyomi. Kedua jenis tersebut dibedakan berdasarkan pada cara baca yang berlaku sesuai asal negaranya.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang, ada beberapa tips yang harus diperhatikan berikut ini :

Dimulai Dari Niat

Niat merupakan hal terpenting untuk mempelajari atau memulai sesuatu, seperti halnya belajar bahasa Jepang dengan cepat. Jika Anda berniat dari hari serta keinginan yang kuat untuk menguasai bahasa negeri Sakura ini, karenanya Anda bisa memahami bahasa Jepang dengan cepat.

Walaupun ada hambatan seperti tak sempat belajar, sakit, atau hal lainnya, dengan berlandaskan niat dari awal semua halangan tersebut tentu bisa dilawan hingga akhirnya Anda akan menguasai bahasa Jepang.

Alasan dan Tujuan

Cara belajar bahasa Jepang dengan cepat selanjutnya ialah dengan mencari tujuan atau alasan kenapa Anda ingin mempelajari dan menguasai bahasa Jepang.  Tak sedikit orang harus berhenti ditengah-tengah saat mempelajari bahasa Jepang, sebab memang sebenarnya dia tidak mempunyai alasan mempelajari bahasa ini. Padahal tujuan dan alasan tersebut kelak bisa membantu serta memotivasi kita untuk mempelajari bahasa Jepang. Sebenarnya ada berbagai alasan, mulai dari ingin menempuh pendidikan di Jepang, berjalan-jalan ke negeri Jepang, atau karena menyukai anime Jepang atau terobsesi dengan budaya dan bahasa Jepang.

Sering Nonton Anime Jepang

Tips belajar bahasa jepang

Perlu kita akui, bahwa film-film anime karya Jepang memang luar biasa menarik dan memikat para penonton dari Indonesia. Banyak orang mengetahui film-film anime Jepang, misalnya seperti Naruto, One Piece, Dragonball, Digimon, Basara, dan lain sebagainya. Karena itulah, dengan menonton anime-anime Jepang ini bisa membantu Anda untuk belajar bahasa Jepang dengan cepat.

Dengan menonton anime Jepang, Anda senantiasa terbawa alur ceritanya yang bagus dan menarik, selanjutnya membuat kita tertarik dan berminat untuk mempelajari serta memahami arti maupun ucapan-ucapan karakter dalam anime Jepang tersebut. Sehingga Anda lebih familiar dengan penggunaan kata-kata dalam bahasa Jepang, selanjutnya kita pun bisa ikut melafalkannya dalam berbahasa Jepang.

Biasakan Untuk Mendengar Kalimat-Kalimat Dalam Bahasa Jepang

Tak sedikit orang langsung paham apabila mereka sering mendengarkan terlebih dulu. Metode mendengarkan beberapa kalimat yang berbahasa Jepang tersebut dapat dikatakan sebagai metode paling tepat dan cepat untuk mempelajari bahasa Jepang. Sebab, dengan mendengarkan percakapan atau kalimat yang berbahasa Jepang terlalu sering, secara perlahan Anda akan lebih memahami pengucapan, tata bahasa, dan kosakata yang seringkali dilafalkan orang-orang Jepang.

Terbiasa Mengucapkan Kalimat-Kalimat yang Berbahasa Jepang

Jika kita sudah terbiasa mendengar kalimat-kalimat berbahasa Jepang, selanjutnya mencoba mempraktekkannya yaitu dengan cara mengucapkan kalimat-kalimat tersebut. Jika Anda sudah memahami kalimat-kalimat dalam bahasa Jepang tersebut dengan benar, sebaiknya coba ucapkan kalimat tersebut sedikit demi sedikit. Bisa dimulai dari penggunaan kalimat yang termudah, sampai kalimat tersulit. Sehingga secara perlahan, apa yang Anda pelajari dan praktekkan akan mudah terserap di otak lalu kita pun akan memahaminya dengan cepat.

Menulis Kalimat-Kalimat Dalam Bahasa Jepang

Cara belajar bahasa Jepang lainnya ialah dengan cara menulis berbagai kalimat dalam bahasa Jepang. Menulis merupakan kegiatan yang bisa merefleksi otak dalam mengingat sesuatu. Menulis merupakan trik paling mudah untuk mengingat sesuatu dalam otak dan benak Anda. Maka dari itu, cara paling cepat untuk mempelajari bahasa Jepang ini ialah dengan menulis berbagai kalimat dalam bahasa Jepang. Cara ini sangat efektif karena saat kita menulis, secara otomatis kita langsung berpikir dan melapalkan apa saja yang akan ditulis.

Tingkatkan Motivasi

Segala hal tentu saja memerlukan motivasi. Maka dari itu, cara untuk belajar bahasa Jepang berikutnya ialah menguatkan motivasi Anda untuk mempelajari dan memahami bahasa Jepang. Berdasarkan pengertiannya, motivasi ialah sebuah dorongan yang bisa membuat seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan demi mencapai suatu tujuan. Tujuan Anda ialah memahami bahasa Jepang. Karena itu, sebaiknya perkuat dorongan atau motivasi untuk membuat Anda bisa mencapai tujuan itu.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575